Kamis, 25 Juli 2024

Pemerintah Blokir 1.855 Situs Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal

ICDX sebut pentingnya Edukasi kepada Masyarakat
Jalaluddin Lase - Senin, 19 Februari 2024 15:54 WIB
Pemerintah Blokir 1.855 Situs Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal
Direktur Utama Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX), Nursalam.(ist).
Jakarta, MPOL - Pemerintah Indonesia sepanjang tahun 2023 telah memblokir 1.855 situs web yang menawarkan kegiatan Perdagangan Berjangka Komoditi namun tidak sesuai dengan ketentuan perundangan. Jumlah situs yang diblokir ini mengalami peningkatan dari 1.498 situs di tahun 2022, dan 1.222 situs di tahun 2021.

Baca Juga:

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebagai regulator di industri perdagangan berjangka komoditi menyebutkan bahwa pemblokiran ini bertujuan untuk melindungi masyarakat dari potensi kerugian yang ditimbulkan dan memberikan kepastian hukum bagi pelaku usaha di bidang perdagangan berjangka komoditi.

Direktur Utama Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) Nursalam mengatakan, "Kami tentunya sangat prihatin dengan meningkatnya situs-situs yang mengatasnamakan perdagangan berjangka komoditi. Terkait pemblokiran, kami sangat mendukung upaya yang dijalankan pemerintah ini sehingga masyarakat dan pelaku usaha terlindungi." kata Nursalam melalui siaran pers,Senin (19/2/2024).

"Adanya situs-situs ilegal yang mengatasnamakan perdagangan berjangka komoditi ini, tidak hanya merugikan masyarakat yang menjadi korban, namun juga merugikan industri perdagangan berjangka komoditi. Industri ini memiliki manfaat besar bagi masyarakat maupun kalangan usaha. Bagi masyarakat, industri ini bisa menjadi alternatif investasi, dan bagi kalangan usaha dalam memanfaatkan perdagangan berjangka komoditi untuk sarana hedging atau lindung nilai komoditas", ungkap Nursalam.

Nursalam menambahkan, Selain dengan pemblokiran situs, untuk melindungi masyarakat tentunya perlu kolaborasi semua pemangku kepentingan di industri perdagangan berjangka komoditi untuk melakukan edukasi yang berkelanjutan.

Dengan edukasi yang baik, masyarakat akan mendapatkan informasi yang lengkap tentang industri ini, sehingga tidak mudah untuk terjebak dalam penawaran-penawaran investasi ilegal yang mengatasnamakan perdagangan berjangka.

"Kami yakin, kunci berkembangnya perdagangan berjangka komoditi adalah pemahaman yang baik di masyarakat termasuk pemahaman tentang risiko investasi," jelasnya.

Terkait edukasi ini, ICDX selaku Self Regulatory Organization (SRO) di sektor perdagangan berjangka komoditi telah memiliki dan menjalankan berbagai program literasi dan edukasi berkelanjutan yang dijalankan melalui ICDX Academy.

Kegiatan edukasi dan literasi ini bekerjasama dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi dan pialang berjangka yang resmi.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Jalaluddin Lase
SHARE:
Tags
beritaTerkait
ICDX Umumkan Penunjukan Corporate Secretary, Perkuat Layanan Berkelanjutan
Semester I Tahun 2024,   ICDX Catatkan Volume Transaksi 5,7 Juta Lot
ICDX dan Shanghai Metal Market Gelar Asean Tin Industry Conference 2024
ICDX Edukasi Media Daerah Tentang Perdagangan Berjangka Komoditi
ICDX dan Bappebti Sosialisasikan  Bursa CPO di Pekanbaru
ICDX Berikan Literasi Tentang ISO 27001 Kepada Anggota Bursa
komentar
beritaTerbaru