Minggu, 26 Mei 2024

Bank Indonesia P.Siantar Ganti Uang Baru Yang Terbakar Kepada Warga Bandar & Labuhan Batu

Ronald Hutagalung - Senin, 13 Mei 2024 18:06 WIB
Bank Indonesia P.Siantar Ganti Uang Baru Yang Terbakar Kepada Warga Bandar & Labuhan Batu
Ist
Kepala BI P.Siantar Muqorobin menyerahkan uang rupiah pengganti yang terbakar kepada Rahmawati Ritonga.
Simalungun, MPOL -Wajah ceriah yang terpancar dari ibu Rahmawati Boru Ritonga (64) warga Huta 2 Nagori Bandar Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun

Baca Juga:
Pasalnya, uang miliknya yang terbakar yang sengaja ditabungnya sebesar Rp 200 juta kini sudah kembali alias diganti oleh pihak Bank Indonesia Perwakilan Pematangsiantar.

Menurut Muqorobin Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Pematangsiantar didampingi Yudha Wirawan -Deputi Kepala Perwakilan dan Kamaruzzaman Tarigan selaku Kepala Unit Implemnetasi Pengelolaan Uang Rupiah dalam keterangan persnya di kantor BI Pematangsiantar Jalan Adam Malik, Senin (13/05/2024) sore menyebutkan, pihak BI Perwakilan Pematangsiantar telah mengganti sejumlah uang yang terjadi pada Ibu Rahmawati (Perdagangan) dan Bapak Endri (Bilah Hulu, Labuhan Batu).

Dikatakannya, keduanya mengalami musibah kebakaran rumah yang mengakibatkan kerugian materiil termasuk dengan uang yang disimpan di rumahnya.

Pada November 2023, Ibu Rahmawati dan Bapak Endri datang ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Pematangsiantar untuk mengajukan permohonan penggantian uang terbakar.

Permohonan tersebut diterima oleh Kantor BI Pematangsiantar yang selanjutnya dikoordinasikan dengan Departemen Pengedaran Uang Bank Indonesia untuk pelaksanaan uji laboratoris atas fisik uang terbakar tersebut di Jakarta.

Berdasarkan pengujian laboratoris tersebut, telah diputuskan Uang Rupiah terbakar milik Ibu Rahmawati yang diperiksa secara laboratoris sebesar Rp202.376.000,- dan uang Rupiah yang mendapatkan penggantian sebesar Rp188.805.500,-.

Sedangkan, uang Rupiah terbakar milik bapak Endri yang diperiksa secara laboratoris sebesar Rp24.312.000,- dan uang Rupiah yang mendapatkan penggantian sebesar Rp18.050.000,-.

Adapun penggantian uang terbakar milik Ibu Rahmawati dan Bapak Endri telah dibayarkan secara transfer pada Selasa, 7 Mei 2024.

Secara simbolis penyerahan penggantian uang terbakar kepada Ibu Rahmawati dilaksanakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar pada Senin, 13 Mei 2024.

Sebagai edukasi kepada masyarakat diinformasikan, berdasarkan PADG Nomor 19/13/PADG/2017 tentang Penukaran Uang Rupiah kriteria Pengggantian Uang Rusak di Bank Indonesia berlaku ketentuan sebagai berikut, fisik uang Rupiah kertas lebih besar dari 2/3 (dua pertiga) ukuran aslinya.

Ciri uang Rupiah dapat dikenal keasliannya
Uang Rupiah kertas rusak/cacat masih merupakan satu kesatuan dengan atau tanpa nomor seri yang lengkap uang Rupiah kertas rusak/cacat tidak merupakan satu kesatuan dan kedua nomor seri pada uang Rupiah kertas tersebut lengkap dan sama

Apabila fisik uang Rupiah kertas sama dengan atau kurang dari 2/3 (dua pertiga) ukuran aslinya, tidak diberikan penggantian.

Selanjutnya untuk nominal penggantian uang Rupiah rusak/cacat sebagian karena terbakar diberikan penggantian dengan nilai yang sama nominalnya, sepanjang menurut penelitian Bank Indonesia masih dapat dikenali keasliannya.

Bagi masyarakat yang akan menukarkan uang Rupiah rusak/cacat sebagian karena terbakar wajib menyertakan surat keterangan dari kelurahan atau kantor Kepolisian Negara Republik Indonesia setempat dengan pertimbangan tertentu.

Khusus untuk uang Rupiah rusak/cacat sebagian karena terbakar masyarakat dihimbau agar langsung membawa ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia terdekat serta tidak memilah uang dan membawa uang dengan wadah yang layak sehingga tidak merusak dan menghilangkan bagian dari uang, pungkas Muqorobin.

Sementara, Rahmawati mengucapkan terima kasih kepada BI Pematangsiantar yang telah mengganti uang miliknya yang terbakar pada bulan November tahun 2023.

Dia pun mengetahui bisa atau tidaknya penukaran uang yang terbakar dari anaknya yang saat itu diketahui dari YouTube.

"Syukur Alhamdulillah dengan digantinya uangnya, bisa untuk tambahan uang sakunya berangkat menunaikan ibadah haji pada bulan ini, ujar Rahmawati didampingi anaknya Zulham Siregar.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru