Minggu, 21 Juli 2024

Ini Komponen Rawan Rusak Jika Sering Lintasi Jalan Berlubang

Rifki Warisan - Rabu, 01 Mei 2024 21:01 WIB
Ini Komponen Rawan Rusak Jika Sering Lintasi Jalan Berlubang
Istimewa
Jalan berlubang dapat menjadi ancaman bagi kendaraan
Medan, MPOL - Salah satu kondisi yang perlu diwaspadai oleh pengendara motor adalah jalanan berlubang, karena tidak hanya mengakibatkan perjalanan menjadi terganggu, namun berpotensi sebagai penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Ketika roda kendaraan masuk ke dalam lubang, maka pengemudi dapat kehilangan kendali hingga terjadilah kecelakaan.

Baca Juga:
Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara, mengungkapkan, ketika roda kendaraan masuk ke dalam lubang, maka pengemudi dapat kehilangan kendali hingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Jika kendaraan terus menerus melewati jalanan berlubang, maka dapat merusak sejumlah komponen kendaraan yang menelan biaya perbaikan yang tinggi," ujar Erwin.

Menurut Erwin, jalan berlubang dapat menjadi ancaman bagi kendaraan kesayangan, karena beberapa komponen kendaraan berpotensi mengalami kerusakaan karena kondisi tersebut.

Sebut saja, shock breaker yang berfungsi untuk memperlambat dan mengurangi besarnya getaran gerakan pada motor dengan mengubah energi kinetik dari gerakan suspensi menjadi energi panas yang dapat dihamburkan melalui cairan hidrolik motor.

Komponen motor lainnya yang berpotensi rusak akibat jalan berlubang yaitu bearing pada motor. Dimana biasanya kerusakan pada bearing dapat dirasakan berupa pergerakan motor terasa tidak stabil atau oleng. Sehingga fungsi dari bearing ini untuk menjaga poros roda tidak langsung bergesekan dengan rumah as pada pelek.

Selain itu, ban yang berfungsi sebagai komponen ini juga efektif dan efisien dalam meneruskan energi gerak mesin juga kemungkinan besar akan rusak akibat jalan berlubang. Karena ban akan pecah jika terus menerus melewati jalan yang berlubang dan jalan yang tidak rata.

Disamping itu, velg berperan penting dalam mendukung keselamatan pengendara dan kendaraan, sehingga velg pada roda harus kuat menopang beban kendaraan. Komponen ini juga mudah rusak jika secara terus menerus menerobos jalan yang berlubang.

Erwin Chandra menambahkan, untuk #cari_aman di jalan, maka sebaiknya pengendara menghindari jalan berlubang secara safety sehingga motor kesayangan anda tetap awet dan terjaga performanya.

"Namun jika sudah terjadi kerusakan pada komponen motor akibat melalui jalan berlubang, maka segeralah mengunjungi bengkel resmi AHASS untuk mendapat penanganan dari ahlinya," pungkasnya. **

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru