Selasa, 23 Juli 2024

Rumah Sakit Columbia Asia Indonesia Peringatkan Tingginya Angka Kematian Ibu di Indonesia

Redaksi - Kamis, 28 Desember 2023 18:09 WIB
Rumah Sakit Columbia Asia Indonesia Peringatkan Tingginya Angka Kematian Ibu di Indonesia
sumber Colombia Asia
Jakarta, medanposonline.com -Rumah Sakit (RS) Columbia Asia Indonesia menyoroti tingginya angka kematian ibu (AKI) di Indonesia. Menurut data Kementerian Kesehatan RI, AKI di Indonesia pada tahun 2022 adalah 183 per 100.000 kelahiran hidup. Angka ini masih jauh dari target Sustainable Development Goals (SDGs) yang ditetapkan oleh World Health Organizations (WHO) yaitu 70 per 100.000 kelahiran hidup.

"AKI adalah salah satu indikator penting untuk mengukur derajat kesehatan masyarakat. Tingginya AKI menunjukkan bahwa masih banyak ibu hamil dan melahirkan yang tidak mendapatkan akses layanan kesehatan yang berkualitas," ujar dr. Nidya Kartika Dewi, Sp.OG, dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan yang berpraktik di RSKB Columbia Asia Semarang

Penyebab AKI di Indonesia bervariasi, antara lain:

Pendarahan pascapersalinan,
Infeksi nifas,
Komplikasi kehamilan seperti preeklamsia dan eklamsia,
Komplikasi persalinan seperti partus lama dan distosia,
Kelainan bawaan pada bayi,
Penyakit menular seperti HIV/AIDS dan malaria.

"Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko AKI antara lain: usia ibu yang terlalu muda atau terlalu tua, jarak kelahiran yang terlalu dekat, anemia, obesitas, dan penyakit penyerta, seperti hipertensi dan diabetes," ujar dr. Nidya.

Untuk menurunkan AKI, diperlukan upaya yang komprehensif dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, tenaga kesehatan, dan masyarakat. Pemerintah perlu meningkatkan akses layanan kesehatan yang berkualitas, terutama di daerah-daerah terpencil. Tenaga kesehatan perlu meningkatkan kompetensi dan keterampilannya dalam menangani kehamilan, persalinan, dan nifas. Masyarakat perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan ibu dan bayi.

RS Columbia Asia berkomitmen untuk mendukung upaya penurunan AKI di Indonesia. Rumah sakit ini menyediakan layanan kesehatan maternal yang berkualitas, termasuk antenatal care, persalinan normal, dan pasca persalinan. Rumah sakit ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kesehatan ibu dan bayi.

"Kami berharap upaya-upaya yang dilakukan oleh berbagai pihak dapat menurunkan AKI di Indonesia dan mewujudkan Indonesia yang sehat dan sejahtera," ujar Muhammad Ridwan Mukhlis, Marketing Communication Manager Rumah Sakit Columbia Asia Indonesia.

Hal ini juga yang mendorong RS Columbia Asia untuk relaunch program Columbia Venus Membership bertepatan dengan hari Ibu Nasional pada 22 Desember 2023.

"Program Columbia Venus Membership ini merupakan cara kami untuk mendukung program pemerintah dalam mengatasi tingginya Angka Kematian Ibu di Indonesia, dimana seluruh wanita, baik Ibu maupun calon Ibu dapat mendapatkan perawatan-perawatan yang mereka berhak dapatkan," tambah Ridwan.

Untuk mengikuti program ini, masyarakat cukup mendaftar pada unit RS Columbia Asia Indonesia dimanapun. Program Columbia Venus ini merupakan loyalty program dengan beragam benefit seperti potongan harga untuk tarif kamar, pemeriksaan Laboratorium, Radiologi, Fisioterapi, F&B Columbia Cafe, MCU Regular, MCU Prewedding, hingga pemeriksaan mamografi dan pap smear.

"Apalagi menurut data yang kami terima, tenaga kesehatan wanita yang menempati posisi dokter umum, ahli gizi, dokter spesialis, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya di RS Columbia Asia Indonesia jumlahnya cukup signifikan," tutup Ridwan. (Dro/Rel).

Baca Juga:

Penulis Berita Hendro Budiman

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Baringin MH Pulungan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru