Minggu, 21 April 2024

Doakan Siswa Kelas XII Lulus PTN, MAN 2 Model Gelar Khataman Alquran Akbar

Baringin MH Pulungan - Minggu, 18 Februari 2024 20:50 WIB
Doakan Siswa Kelas XII Lulus PTN, MAN 2 Model Gelar Khataman Alquran Akbar
Siswa kelas XII MAN 2 Model Medan beserta perwakilan wali kelas XII menyerahkan Balai Khataman Alquran kepada Kepala MAN 2 Model Medan Wuri Tamtama Abdi pada acara Khataman Alquran Akbar di lapangan MAN 2 Model Jl. Williem Iskandar Desa Medan Estate Kecamatan Percut Seituan, Sabtu (17/2/2024). (BS)
Medan, MPOL -Untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Alquran serta mendoakan kesuksesan siswa-siswi kelas XII Tahun Pelajaran 2023/ dalam menghadapi Ujian Madrasah dan Masuk dalam Perguruan Tinggi Negeri, MAN 2 Model Medan menggelar acara Khataman Alquran Akbar di lapangan MAN 2 Medan, Sabtu (17/2/2024).

Baca Juga:

Khataman Alquran tersebut diikuti oleh seluruh guru/pegawai serta siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan.
Secara tehnis pelaksanaan Khataman Alquran Akbar kelas XII dipimpin oleh al-Ustadz Dr. H. Muhammad Yusuf, MA, zikir dibawakan al-Ustadz Akmal Shah, S.Pd dan doa dibacakan oleh al-Ustadz Dr. Imamul Muttaqin.


Ada 24 surah yang dibacakan oleh siswa yang terpilih sebagai pembaca khataman Alquran dari surah al-Dhuha sampai al-naas kemudian al-Fatihah dan al-Baqarah 1-7. Setelah pelaksanaan Khataman Alquran, siswa kelas XII ditepungtawari oleh Kepala MAN 2 dan para guru.


Kepala MAN 2 Model Medan Wuri Tamtama Abdi, SPdI, MPd mengungkapkan rasa syukur kepada Allah karena MAN 2 merupakan madrasah yang konsisten untuk mengajak setiap siswa, guru dan pegawai cinta terhadap Alquran melalui pelaksanaan acara khataman ini. Khataman Alquran merupakan kegiatan tahunan dan ceremoni MAN 2 yang bernilai religius bagi siswa-siswi.


"Kegiatan Khataman Alquran ini bukan sekedar acara ceremonial semata, tetapi acara ini bagian dari ibadah kepada Allah SWT, secara khusus khataman Alquran ini memang diperuntukkan siswa kelas XII yang akan menghadapi ujian, mulai dari ujian semester, ujian madrasah, dan lulus masuk di perguruan tinggi negeri.


Namun secara umum sebenarnya khataman Alquran merupakan wujud kecintaan umat Islam terhadap Alquran," ungkap Wuri.
Sementara itu, WKM Humas MAN 2 Model Medan Dra. Hj. Misbah Suaidah, SPd mengatakan bahwa acara khataman Alquran kelas XII merupakan acara yang rutin dilakukan dalam setiap tahun, guna untuk mendoakan siswa-siswi MAN 2 agar lulus ujian madrasah dan masuk perguruan tinggi.


Selain itu acara ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan kecintaan terhadap Alquran agar selalu dibaca bahkan dihapal dan diamalkan khususnya di kalangan keluarga MAN 2 Model. (Nas)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru