Selasa, 23 April 2024

Rektor Unimed Ingatkan Lulusan Unimed Tingkatkan Skill

Baringin MH Pulungan - Rabu, 21 Februari 2024 21:25 WIB
Rektor Unimed Ingatkan Lulusan Unimed Tingkatkan Skill
Rektor Unimed Prof Dr Baharuddin ST MPd saat mewisuda lulusan di auditorium kampus tersebut. (ist)
Medan, MPOL -Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Baharuddin ST MPd mengatakan, saat ini bukan lagi era kompetisi, melainkan dunia kerja membutuhkan kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai bidang.

Baca Juga:

"Dalam melangkah ke jenjang karir dan dunia kerja, setidaknya dibutuhkan ilmuwan yang kreatif, kemampuan menyelesaikan masalah, mampu bekerja sama tim atau kolaborasi," kata Rektor pada wisuda 937 lulusan Unimed di Auditorium kampus Jalan William Iskandar Medan, Rabu (21/2/2024).


Ia mengatakan, selain itu juga dibutuhkan kemampuan bernegosiasi, manajemen waktu, kemampuan mengambil keputusan dan mengendalikan emosi, berpikir kritis serta networking. Untuk itu, pihaknya akan terus mendorong agar secara periodik dan cepat, semua program studi di perguruan tinggi ini harus meraih akreditasi Unggul.


"Ini untuk menuju ketercapaian visi Unimed menjadi universitas yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya," ujarnya.


Rektor juga mengingatkan, di era kemajuan teknologi yang semakin pesat, teknologi informasi dan IT telah menjadi basis dalam kehidupan manusia.


Ia pun meminta para wisudawan supaya lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill di bidang IT dan kemampuan literasi bahasa, data, teknologi, dan literasi manusia yang dibutuhkan dunia kerja.


Diungkapkannya, masyarakat menaruh harapan besar kepada Unimed untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia.


Mereka itu, menurut Rektor, yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional dan kinestetik yang membentuk sikap serta mentalitas para wisudawan.


Saat ini, kata Rektor, pimpinan Unimed sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, dan SDM dosen untuk segera meraih Doktor dan Profesor.


Tambahnya, prestasi mahasiswa di berbagai bidang juga telah berhasil mengukir prestasi baik di tingkat nasional dan internasional, seperti PIMNAS, POMNAS, PON, Sei Games, Asean Games, MTQ, IMT-GT dan kompetisi internasional lainnya.


Menurutnya, capaian prestasi yang berhasil diraih dosen dan mahasiswa menjadi bukti proses akademik dan non akademik di kampus hijau Unimed berjalan secara efektif.


Rektor juga berpesan agar lulusan memberikan kontribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatif- solutif guna meningkatkan kualitas almamater. "Bekerja dengan tulus ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat insan akademis khususnya sebagai keluarga besar Unimed," ucapnya.


Wisuda digelar selama dua hari, Rabu dan Kamis (21-22/2024). Dari 937 lulusan itu terdiri 74 lulusan Program Pascasarjana, 124 lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan, 133 lulusan Fakultas Bahasa dan Seni.


Kemudian 67 lulusan Fakultas Ilmu Sosial, 241 lulusan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 121 lulusan Fakultas Teknik, 80 lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan 97 lulusan Fakultas Ekonomi.


Hadir dalam wisuda periode Februari itu, Ketua Senat Universitas Prof Dr Syawal Gultom MPd, para wakil rektor, dekan, direktur Program Pascasarjana, ketua lembaga, dan Ketua Umum IKA Unimed, Jafaruddin Harahap, SPd MSi. (bp/rel)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru