Minggu, 26 Mei 2024

Tolak Eksekusi Lahan, Warga Pasar IV Serbaguna Helvetia Blokir Akses Jalan dan Bakar Ban Bekas

Toga Pasaribu - Senin, 13 Mei 2024 13:35 WIB
Tolak Eksekusi Lahan, Warga Pasar IV Serbaguna Helvetia Blokir Akses Jalan dan Bakar Ban Bekas
Ketua KTM dan Ketua HPPLKN Unggul Tampubolon ketika dikonfirmasi dan aksi warga yang didominasi kaum ibu menutup akses jalan dan membakar ban bekas. (Topas)
Labuhan Deli, MPOL - Ribuan warga yang menempati Lahan Eks HGU PTPN II seluas 32 Ha di Pasar IV Jalan Serbaguna Desa Helvetia Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang, gelar aksi dengan menutup akses jalan masuk dan melakukan pembakaran ban. Senin pagi (13/5) pukul 08.00 WIB.

Baca Juga:

Pantauan wartawan, tampak petugas Polres Pelabuhan Belawan, beberapa petugas TNI dan petugas Satpol PP sudah berada dilokasi.

Ketua KTM (Komite Tani Menggugat) Sumut dan Ketua HPPLKN (Himpunan Penggarap Pengusahaan Lahan Kosong Negara), Unggul Tampubolon ketika dikonfirmasi mengatakan aksi yang dilakukan warga terkait adanya informasi bahwasanya hari ini ada intruksi pembacaan putusan Pengadilan Negeri Lubuk Pakam, namun pemberitahuan kepada warga tidak ada di sampaikan.

"Kami sekarang disini untuk mengantisipasi dan menjaga lahan yang sudah lama dikuasai oleh warga dari tahun 2002," ungkapnya.

Dengan segala upaya, ucap Ketua KTM Sumut dan Ketua HPPLKN itu lebih lanjut, kami akan akan tetap berupaya mempertahankan lahan kami sampai ini jelas. Sebab, lahan ini bukan milik Al Wasliyah namun lahan ini adalah eks HGU dan eks HGU adalah didistribusikan untuk masyarakat bukan untuk mafia tanah, jadi jangan coba-coba eks HGU dijual oleh PTPN II, ungkapnya.

"Apapun terjadi kami akan tetap bertahan bahwa ini adalah tanah untuk rakyat," jelasnya.

Kami menduga keras, saat ini sudah ada mafia tanah yang sudah ikut bermain disini, seperti sepekan yang lalu dikawasan pasar X disana sudah ada eksekusi lahan yang telah lama dihuni oleh warga.

"Saat ini sudah ada seribu kepala keluarga yang menempati lahan ini dan kalau dihitung jiwa sudah ada sepuluh ribu jiwa, " pungkasnya.

Informasi lainnya yang berhasil dihimpun wartawan Medan Pos menyebutkan, keberadaan personil Polres Pelabuhan Belawan dilokasi berdasarkan Surat Perintah yang langsung ditanda tangani Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban tanggal 11 Mei 2024, untuk melakukan penindakan penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana secara tegas dan humanis dengan tetap mempedomani dan mentaati segala peraturan UU dengan permohonan dari surat PN Lubuk Pakam Kelas I-A tanggal 6 Mei 2024, perihal permohonan bantuan pengamanan pelaksanaan sita eksekusi perkara 22/pdt.eks/3023/PNLP Jo. 55/pdt.G/2012/PN.LBP.*

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Jalaluddin Lase
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Polres Labusel Tangkap 2 Tersangka Tipu Gelap Pembebasan Lahan Pembangunan Gardu
Wow ! Barak Judi dan Narkoba Tanah Garapan Jalan Perjuangan Tetap Buka
Pimpinan Kebun Balimbingan Tertutup Soal Replanting Afd II
Replanting di Afd II Kebun Balimbingan Kurang Pengawasan
Berkat Pendekatan Persuasif, 121 Hektare Lahan Negara Sukses Diselamatkan dari Tangan Penggarap Kebun Dolok Ilir PTPN IV Regional II
Sakit Hati-Bertengkar, Adik Tikam Abang Tiri Hingga Tewas Ditangkap
komentar
beritaTerbaru