Selasa, 18 Juni 2024

Ungkap Kinerja APBD ke Publik, Gus Irawan Pasaribu Apresiasi Pj Bupati Tapteng

Rini Sinik - Rabu, 03 Januari 2024 18:07 WIB
Ungkap Kinerja APBD ke Publik, Gus Irawan Pasaribu Apresiasi Pj Bupati Tapteng
Medan, MPOL - Langkah penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Tengah Sugeng Ryanta yang memberikan penjelasan terbuka kepada masyarakat tentang kinerja APBD Tapanuli Tengah 2023 mendapat apresiasi dari Gus Irawan Pasaribu.

Baca Juga:

Politisi Gerindra yang kini duduk sebagai anggota DPR RI Komisi 11 yang membidangi keuangan menilai, langkah Sugeng ini menjadi hal yang penting dalam rangka menegakkan asas transparansi dalam pengelolaan pemerintahan.

"Ini saya kira menjadi sikap yang harus kita apresiasi dan ini menjadi terobosan baru dalam hal keterbukaan informasi publik," kata Gus Irawan kepada wartawan, Rabu (3/1/2024).

Gus Irawan menilai pernyataan terbuka disertai data penggunaan APBD Tapanuli Tengah 2023 dalam bentuk keterangan resmi yang ditujukan kepada kalangan pers, forkopimda, para tokoh agama hingga partai-partai politik juga harus dimaknai sebagai bentuk keinginannya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat memahami kondisi keuangan daerah. Hal ini menjadi penting, sebab kinerja keuangan daerah akan sangat berkaitan erat dengan realisasi program pemerintah.

"Dalam hal ini saya juga menilai kinerja keuangan sangat bagus dimana realiasi pendapatan mencapai 97, 38 persen dari target," ungkapnya.

Politisi yang berlatar belakang pendidikan akutansi ini menambahkan, capaian pendapatan ini juga disertai dengan surplus anggaran mencapai Rp 64 miliar merupakan hal yang sangat baik.

"Apalagi bisa kita lihat surplus itu bukan karena program yang tidak dijalankan, melainkan dari penghematan dari sisi belanja rutin. Artinya tidak ada program untuk kepentingan masyarakat yang tertahan," pungkasnya.

Diketahui, Pj Bupati Tapanuli Tengah Sugeng Ryanta mengeluarkan rilis resmi terkait kinerja keuangan Pemkab Tapanuli Tengah selama 2023. Dalam rilis tersebut, Sugeng menjabarkan secara rinci seluruh kinerja keuangan termasuk surplus keuangan yang tercatat pada akhir masa pembukuan 31 Desember 2023.*

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Rini Sinik
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru