Kamis, 25 Juli 2024

Wali Kota Binjai Hadiri Pembukaan Rakernas APEKSI XVII di Balikpapan

Refwandi Sanan - Rabu, 05 Juni 2024 17:59 WIB
Wali Kota Binjai Hadiri Pembukaan Rakernas APEKSI XVII di Balikpapan
Wali Kota Binjai H. Amir Hamzah, (kedua dari kanan) bersama Walikota Dumai H.Faisal (kanan) menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang berlangsung di BSCC Dome Balikpapan Kaltim.(wandi)
Binjai, MPOL --Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP beserta jajaran menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang berlangsung di BSCC Dome Balikpapan, Selasa (4/6).

Baca Juga:
Adapun tema Rakernas XVII APEKSI yaitu 'Kota Sejahtera, Indonesia Maju'. Pembukaan Rakernas XVII APEKSI ditandai dengan pemukulan lesung oleh Presiden Jokowi, yang didampingi oleh Mendagri Tito Karnavian, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, dan Ketua Dewan Pengurus Apeksi Eri Cahyadi.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi menyampaikan visi besar untuk masa depan kota-kota di Indonesia. Dikatakannya, pada tahun 2045, diperkirakan 70 persen penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan, yang mengakibatkan beban kota menjadi sangat berat.

"Hal ini tentunya memiliki dampak menjadikan beban kota semakin berat. Jangan sampai Indonesia memiliki kota yang mencekam karena banyaknya pengangguran," ujar Presiden.

Untuk itu, lanjut Presiden, perencanaan Kota secara detail harus dimiliki setiap kota di Indonesia. Semua kota harus menciptakan kota yang nyaman dan aman untuk ditinggali.

Disisi lain, Presiden mengungkapkan, salah satu perhatian utama adalah penerapan konsep hijau yang harus mulai menjadi fokus bagi kota-kota di Indonesia. Ia menekankan, bahwa kota masa depan bukanlah sekadar kota modern dengan gedung pencakar langit yang tinggi, melainkan kota yang ramah terhadap pejalan kaki, penyandang disabilitas, pesepeda, dan lingkungan.

"Fokus kita adalah menciptakan kota masa depan yang smart city, yang creativite city, yang liveable dan loveable," tutur Presiden.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga mengingatkan kemacetan yang akan dialami seluruh kota-kota yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta kepala daerah untuk menyiapkan rencana kota seperti transportasi umum.

Acara ini dihadiri oleh Wali Kota dan pejabat daerah dari seluruh Indonesia.

Kehadiran Pemerintah Kota Binjai sendiri menunjukkan komitmen untuk turut serta dalam upaya mewujudkan kota yang lebih baik dan berkelanjutan di masa depan.(wandi)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pemerintah Kota Binjai Beri Santunan Kaum Dhuafa dan Yatim Piatu
Wali Kota Binjai Ajak Stakeholder Menekan Kekerasan Terhadap
Wali Kota Ajak Masyarakat Dukung Pembangunan Kota Binjai
Kadis Kominfo Binjai Minta Siswa Bijak Mengunakan Medsos
Berobat Hanya Pakai KTP, Pemko Binjai Luncurkan Program Cakupan Layanan Kesehatan Menyeluruh Kota Binjai
Walikota Binjai Hadiri Rapat Paripurna Penetapan Ranperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA. 2023
komentar
beritaTerbaru