Rabu, 24 Juli 2024

Wali Kota: Esensi Idul Adha Adalah Berbagi

Refwandi Sanan - Selasa, 18 Juni 2024 19:54 WIB
Wali Kota: Esensi Idul Adha Adalah Berbagi
Wali Kota Binjai H.Amir Hamzah (ketiga dari kanan) bersama masyarakat menggelar Salat Idul Adha 1445 Hijriah di Tanah Lapang Merdeka Binjai.(wandi)
Binjai, MPOL --Pemerintah Kota Binjai menggelar Salat Idul Adha 1445 Hijriah di Tanah Lapang Merdeka Binjai, Senin (17/6). Ratusan jamaah dari berbagai wilayah tampak hadir sejak pagi untuk mengikuti Salat Idul Adha. Bertindak sebagai imam pada pelaksanaan Salat Idul Adha yakni Syafruddin Musdar, S.H yang merupakan Juara I Tilawan Dewasa Putra MTQ Kota Binjai Tahun 2020, dan bertindak sebagai khatib Dr. Faisal Riza, MA, yang merupakan Dosen UIN Sumatera Utara.

Baca Juga:
Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP dalam kesempatan ini mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H. Ia menyebutkan, Hari Raya Idul Adha ini merupakan momen dalam meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

"Esensi dari Hari Raya Idul Adha adalah berbagi. Maka dari itu, bagi siapa pun yang diberikan kemampuan untuk memberi dan berbagai, momentum ini mengajarkan kita bagaimana indahnya berbagi untuk meraih taqwa. Semoga keikhlasan kita untuk berbagi, bisa kita terapkan selalu dalam kehidupan sehari-hari," kata Wali Kota Binjai.

Sementara itu, dalam khutbah singkat yang disampaikan oleh khatib Dr. Faisal Riza, M.A mengatakan bahwa Idul Adha tidak terlepas dari sejarah Nabi Ibrahim, dimana umat Islam dapat mengambil uswah hasanah dari beliau.

"Iman itu harus hidup dan aktif, bukan iman yang pasif dan statis. Iman aktif itu iman yang diekspresikan dalam tindakan amal sosial atau hamblum minannas, melaksanakan amar makruf nahi munkar, serta berakhlak baik dalam pergaulan dengan sesama manusia," ucapnya.

Di akhir khutbah, Dr. Faisal Riza, M.A mengajak semua jamaah memanfaatkan kesempatan yang ada untuk selalu berbuat baik. "Mumpung masih diberi kesempatan hidup oleh Allah yang entah sampai kapan sisa umur ini masih ada, sungguh alangkah indahnya jika umur yang tersisa ini kita gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat sehingga menjadi umur yang dipenuhi kasih sayang Allah, umur yang dipenuhi barakah Allah," tutupnya.

Di Idul Adha tahun ini, terdapat sebanyak 1913 ekor lembu dan 509 ekor kambing kurban yang terhimpun dari seluruh Kecamatan dan DP Korpri Kota Binjai. Wali Kota Binjai berharap pelaksanaan kurban pada perayaan Idul Adha ini dapat memberikan keberkahan pada seluruh warga Binjai.

Turut mengikuti pelaksanaan Salat Idul Adha Forkopimda Kota Binjai, Sekdako Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos, Ketua TP. PKK Kota Binjai Ny. Nurhayati Amir Hamzah, para Staf Ahli, Asisten dan Pimpinan OPD Pemko Binjai, para Camat dan Lurah se-Kota Binjai, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta masyarakat Kota Binjai.(wandi)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru