Sabtu, 20 Juli 2024

Tingkatkan Kompetensi dan SDM, KPU Kota Binjai Bimtek KPPS se-Kota Binjai

Refwandi Sanan - Minggu, 28 Januari 2024 21:15 WIB
Tingkatkan Kompetensi dan SDM, KPU Kota Binjai Bimtek KPPS se-Kota Binjai
Peserta KPPS yang mengikuti Bimtek KPU Binjai.(wandi)
Binjai, MPOL -Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024, KPU Kota Binjai menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada seluruh KPPS se-Kota Binjai.

Baca Juga:
Kegiatan yang dihadiri lima ribu lebih KPPS ini dilaksanakan dua hari sejak Jumat hingga, Sabtu (27/1/24) di titik lokasi yang berbeda yakni di GOR Binjai dan Gedung Tomuria Hall A-B Binjai.

Ketua KPU Kota Binjai, Anton Indratno mengatakan, dalam Bimtek ini, KPU mempercayai pihak PPK dan PPS sebagai pemateri.

"Jadi 5.684 KPPS ini dibimtek langsung oleh PPK dan PPS masing-masing," kata Anton didampingi Komisioner KPU, Ahmad Amri Siregar, saat membuka kegiata Bimtek di GOR Binjai, Kecamatan Binjai Selatan, Sabtu (27/1/24).

Dikatakan Anton, Bimtek KPPS ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi dan sumber daya manusia (SDM) dalam menjalankan tugas sebagai petugas di TPS saat hari pemilihan.

"Bimtek bagi KPPS merupakan bagian integral dari persiapan Pemilu. Bimtek KPPS bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan profesionalisme para penyelenggara pemilu di tingkat TPS," kata Anton.

Sementara itu, Komisioner KPU Binjai, Ahmad Amri Siregar menyampaikan, Bimtek KPPS menjadi hal penting yang harus dilakukan sebelum hari pemungutan suara atau Pemilu berlangsung.

"Karena kita harus menjamin bahwa para anggota KPPS memahami prosedur pemungutan suara, Pemilu, serta tanggung jawab dan tugas mereka," terangnya.

Selain itu, lanjut Amri, kegiatan ini juga membantu mengatasi potensi masalah administratif dan teknis yang mungkin muncul selama proses pemungutan suara.


"Bimtek KPPS juga memberikan kesempatan bagi para penyelenggara untuk membangun jaringan dan koordinasi yang efektif antar anggota KPPS. Kolaborasi yang baik dapat meminimalkan potensi kesalahan dan meningkatkan efisiensi selama pelaksanaan Pemilu," tutupnya.

Hadir sebagai pemateri dalam Bimtek ini, Taufik Riadi (Ketua PPK Binjai Barat), membawa materi modul tata kerja dan pemungutan suara, M. Syarif H. Manjorang MP, (PPK) Modul Tung Sura, Johan Arifin Nasution SH, (PPK) Modul kode etik, Irwansyah Pulungan (PPS) , Modul pengantar Ice breaking game, Dwi Enrica dan Sahira Dana Nasution (PPS) membawakan materi Modul tata kerja dan pemungutan suara.(wandi)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Baringin MH Pulungan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru