Sabtu, 20 Juli 2024

Motor Tak Bisa Distarter, Ini Penyebabnya

Rifki Warisan - Minggu, 04 Februari 2024 21:15 WIB
Motor Tak Bisa Distarter, Ini Penyebabnya
Istimewa
Pengendara harus mengetahui pasti tentang kondisi komponen pada motor kesayangannya.
Medan, MPOL - Salah satu pengalaman tidak menyenangkan saat ingin mengaspal di jalanan adalah ketika motor tidak bisa distarter, padahal ada keperluan penting dan mendesak yang harus segera diselesaikan.

Baca Juga:
Jika hal tersebut terjadi, maka yang diperlu diingat adalah kapan jadwal terakhir motor diservis di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara, mengungkapkan, selain mengingat kapan motor terakhir diservis, pengendara juga harus mengetahui pasti tentang kondisi komponen pada motor kesayangannya.

Jika motor tidak bisa distarter, maka biasanya aki menjadi salah satu yang dicurigai, meksipun sebenarnya banyak kemungkinan lainnya yang dapat menyebabkan motor tidak bisa distarter.

Menurut Erwin, motor yang tidak bisa distarter biasanya disebabkan sejumlah hal, seperti kehabisan bensin, penggunaan BBM berkualitas rendah, kondisi aki yang soak, ada kabel dan sekring yang putus, starter elektrik kotor, swith rem dalam kondisi rusak, kerusakan dinamo starter pada motor matik, busi kotor sudah soak, karburator kemasukan air, dan klep aus sehingga mengakibatkan kebocoran kompresi.

Namun jika kondisi tersebut terjadi, maka Honda menyarankan untuk melakukan sejumlah langkah berikut. Pertama, tuntun motor ke tempat aman, pencahayaan yang cukup dan tidak sepi.

Kedua, teliti bagian-bagian yang kelihatan, misalnya bahan bakar, dan ketiga teliti bagian –bagian yang bisa dibongkar sendiri seperti busi. Sedangkan yang keempat, jika semua sudah dilakukan namun motor tetap diam, maka hubungi bengkel resmi Honda terdekat.

"Motor memerlukan service rutin karena mesin apapun jika sering digunakan akan mengalami keausan atau kehabisan bahan tertentu. Service memang tidak menjamin motor tidak bermasalah karena sumber kerusakan bisa saja tak terduga. Tapi paling tidak, service rutin bisa mencegah potensi kerusakan yang umumnya terjadi," ujar Erwin Chandra

Untuk dapat #caei_aman dengan motor prima, maka peicnta Honda dapat melakukan servis lengkap di AHASS terdekat yang juga dilengkapi dengan layanan booking service menarik yang dapat di unduh melalui aplikasi Honda Sumut di google playstore.

Dimana aplikasi online ini akan memberikan kemudahan dalam melakukan layanan servis motor kepada masyarakat yang tidak memiliki waktu luang untuk berkunjung ke AHASS, seperti pit express, dan AHASS servis Kunjung (ASK). **

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru