Minggu, 21 April 2024

Kakanwil Kemenkumham Sumut Pantau Kesiapan Pemilu 2024 di Lapas Pancur Batu

Toni Ginting - Senin, 12 Februari 2024 22:11 WIB
Kakanwil Kemenkumham Sumut Pantau Kesiapan Pemilu 2024 di Lapas Pancur Batu
Kakanwil Kemenkum HAM Jahari Sitepu saat pantau kesiapan Pemilu di Lapas Pancur Batu.
Pancurbatu, MPOL -Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pancur Batu menerima kunjungan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara, Mhd. Jahari Sitepu beserta rombongan dalam rangka memantau kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari mendatang.

Baca Juga:
Kunjungan kerja ini merupakan bagian dari upaya Kemenkumham Sumut untuk memastikan bahwa semua warga binaan pemasyarakatan (WBP) mendapatkan hak pilih mereka dalam Pemilu 2024.

Pada kesempatan itu, Jahari mengecek langsung berbagai persiapan yang telah dilakukan oleh pihak Lapas Kelas IIA Pancur Batu, mulai dari kesiapan tempat pemungutan suara (TPS) yang akan digunakan, hingga sistem pengamanan yang akan diterapkan selama proses pemungutan suara berlangsung. Jahari menekankan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan, agar proses pemilihan umum dapat berjalan lancar dan demokratis.

Kepala Lembaga Kelas IIA Pancur Batu turut mendampingi Kakanwil meninjau persiapan yang telah dilakukan. Khususnya Lapas Kelas IIA Pancur Batu sendiri terdapat 3 (tiga) TPS yang akan digunakan 668 orang warga binaan yang akan menggunakan hak pilihnya.

"Saya tekankan kembali, pada tanggal 14 Februari nanti kita kita wajib menyukseskan Pemilu 2024. Lakukan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi di dalam Lapas Kelas IIA Pancur Batu, bangun sinergi dengan aparat penegak hukum (APH) lainnya serta kembali pada prinsip dasar pemasyarakatan, karena didalam Lapas ini juga ada hak dari Warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk memilih pada tanggal tersebut," ujar Jahari.


Kakanwil Kemenkumham Sumut juga menekankan perlunya pengawasan ekstra dari petugas agar tidak terjadi gangguan keamanan di Lapas. "Gangguan tersebut dapat terjadi kapan saja terlebih lagi suasana Pemilu yang sangat sensitif seperti sekarang ini", tegasnya.(TG)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Baringin MH Pulungan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kakanwil Kemenkumham Sumut Pimpin Acara Pisah Sambut Kalapas Pancur Batu
Kakanwil Kemenkumham Pastikan Pelayanan Publik di Kantor Imigrasi Sibolga Berlangsung Dengan Baik
Kakanwil Buka Seminar Layanan Kenotariatan di Sumut Membangun Pelayanan Hukum yang Profesional dan Berkualitas
Kakanwil Kemankum HAM Kunker ke Lapas Pancur Batu
Perayaan Natal Keluarga Besar Kanwil Kemenkumham Sumut 2023 Sukses
komentar
beritaTerbaru