Minggu, 26 Mei 2024

Mahasiswa PPG Prajabatan 2023 UMN Al-Washliyah Membawa Gebrakan Pendidikan di Rumah Literasi Ranggi

Redaksi - Senin, 13 Mei 2024 09:29 WIB
Mahasiswa PPG Prajabatan 2023 UMN Al-Washliyah Membawa Gebrakan Pendidikan di Rumah Literasi Ranggi
Sampali, Percut Sei Tuan, MPOL - Suatu pagi yang cerah pada tanggal 29 Maret 2024, mahasiswa PPG Prajabatan 2023 dari UMN Al-Washliyah antara lain Afifah Tamimi, Masniawita Gloria Sinaga, Novita Syahputri, Pesta Rut Cahaya, Rennika I. S. Simorangkir, Sartika Juwita Sinaga, dan Siti Rahma memulai petualangan edukatif mereka di Rumah Literasi Ranggi.

Baca Juga:
Dengan penuh antusiasme dan semangat kepemimpinan, para mahasiswa terlibat langsung dalam kegiatan yang menginspirasi anak-anak di rumah literasi yang berlokasi di Jl. PWI Blok A No. 59, Desa Sampali, Kec. Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatera Utara.


Dalam kunjungan yang penuh inspirasi ini, para mahasiswa tidak hanya menyaksikan, tetapi juga terlibat langsung dalam berbagai kegiatan kreatif yang menggugah semangat belajar anak-anak. Kunjungan ini bukan sekadar kegiatan lapangan biasa, melainkan bagian dari Projek Kepemimpinan yang dibimbing oleh dosen Ardhansyah Putra Hrp,S.Pd,M.Si dan dijalankan oleh mahasiswa PPG.

Mereka tidak hanya memberikan ilmu, tetapi juga menanamkan semangat dan inspirasi kepada anak-anak untuk terus berkembang dan mengeksplorasi potensi diri mereka.


Bersama Gadis, pengelola Rumah Literasi Ranggi, para mahasiswa PPG menyelenggarakan beragam kegiatan edukatif yang memukau. Salah satunya adalah pembuatan media belajar interaktif yang memadukan teknologi dan pendidikan, memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak. Selain itu, mereka juga mengajak anak-anak untuk praktek membuat sabun cuci piring sendiri, mengenalkan ilmu sains dan teknologi secara praktis dan menyenangkan.


Kegiatan lain yang dilakukan oleh mahasiswa PPG termasuk mengajarkan anak-anak untuk berani tampil di depan orang lain, mengembangkan minat dan bakat mereka melalui kegiatan seperti bercocok tanam, menggambar, menari, berpuisi, dan membuat video kreatif. Dengan kolaborasi antara mahasiswa dan anak-anak, tercipta suasana belajar yang positif dan produktif di Rumah Literasi Ranggi.
Dengan senyum cerah di wajahnya, Ani, seorang anak berusia 8 tahun dari lingkungan sekitar Rumah Literasi Ranggi, mengangkat tangannya dengan penuh antusias. "Terima kasih, Kakak-kakak mahasiswa PPG, atas kegiatan yang seru hari ini!" ucapnya dengan penuh semangat.


Ani melanjutkan, "Saya berharap Kakak-kakak bisa datang lagi ke sini dan kami bisa belajar bersama lagi. Terima kasih sudah mengajarkan kami hal-hal yang menyenangkan dan bermanfaat. Kami tunggu kedatangan Kakak-kakak lagi!" Sorakan kecil dari Ani dan teman-temannya menggema di Rumah Literasi Ranggi, menandakan rasa terima kasih dan kebahagiaan mereka atas kehadiran mahasiswa PPG dan kegiatan yang telah dilakukan.


Projek Kepemimpinan ini menunjukkan komitmen mahasiswa PPG Prajabatan dalam mendukung pendidikan dan literasi anak-anak. Dengan semangat dan dedikasi mereka, Rumah Literasi Ranggi semakin menjadi tempat yang memancarkan cahaya ilmu dan semangat literasi bagi anak-anak Indonesia. Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi lebih banyak mahasiswa untuk turut berperan dalam menciptakan masa depan pendidikan yang lebih cerah dan berbudaya.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Baringin MH Pulungan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Rektor : Lulusan UMN Al Washliyah Insya Allah Humanis, Mandiri dan Islami
UMN Al-Washliyah Segera Buka Program Studi Doktor
komentar
beritaTerbaru