Kamis, 23 Mei 2024

Penghitungan Suara Terakhir di PPK Kecamatan Medan Deli Ricuh

Toga Pasaribu - Selasa, 05 Maret 2024 10:42 WIB
Penghitungan Suara Terakhir di PPK Kecamatan Medan Deli Ricuh
Perhitungan suara terakhir di Medan Deli nyaris ricuh dan menimbulkan protes dari para saksi.(Top)
Medan, MPOL - Penghitungan akhir suara Pemilu 2024 di Kecamatan Medan Deli, Minggu (3/3) dinihari yang dilaksanakan di halaman Kantor Lurah Tanjungmulia Jalan KL Yos Sudarso Km 7, Kecamatan Medan Deli, diwarnai kericuhan antara saksi dari 18 partai dengan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).

Baca Juga:
Pasalnya, pihak PPK Medan Deli, diketahui memasukan salah satu tim sukses partai ke dalam ruangan yang diduga untuk melakukan pengelembungan ratusan surat suara di satu Kecamatan.

Penghitungan suara tingkat Kecamatan di Kecamatan Medan Deli hingga dinihari belum rampung di enam Kelurahan sebanyak 517 TPS.

Pada hari terakhir perhitungan situasi mulai memanas saat salah seorang diduga tim sukses salah satu partai masuk ke dalam ruangan khusus Panitia Pemilihan Kecamatan.

Masuknya seorang wanita yang diduga tim sukses dari seorang caleg tersebut membuat para saksi melakukan aksi protes kepada Ketua PPK Medan Deli, Jontar Sinaga. Namun wanita tersebut mencoba kabur namun berhasil diamankan para saksi.

Kedua wanita tak dikenal tersebut sempat kabur dari halaman Kantor Lurah Tanjungmulia sehingga dikejar oleh para saksi dan Panwaslu Medan Deli. Saat dikejar, wanita tersebut sempat meneriaki orang yang mengejarnya sebagai perampok. Petugas Kepolisian akhirnya membawa kedua wanita tersebut untuk diperiksa di Medan Deli.

Para saksi yang tersulut emosi melihat petugas Panitia Pemilihan Kecamatan
diduga melakukan pengelembungan ratusan surat suara di satu Kecamatan dapat diredam oleh sejumlah petugas kepolisian dari Polsek Medan Labuhan.

Sementara itu, Ketua PPK Medan Deli Jontar Sinaga ketika dikonfirmasi wartawan via handphonenya tidak mau mengangkat sambungan telefon selulernya, bahkan konfirmasi via whatsApp belum juga memberikan jawabannya.

Dalam rekaman video yang beredar, wanita tersebut mengaku bahwa dirinya diminta untuk mengantarkan laptop kepada pihak PPK karena akan digunakan untuk mengeprint (mencetak) lewat printer.

"Aku masuk ke ruangan untuk mengantarkan laptop yang akan digunakan untuk mengeprint (mencetak) berkas," dalih wanita tersebut yang mengaku dirinya staf di PPK Medan Perjuangan.

Bagian Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat Antar Lembaga Panwaslu Medan Deli, Ismail, mengatakan kericuhan bermula saat dua orang tak dikenal masuk ke dalam ruangan petugas Panitia Pemilihan Kecamatan mencoba kabur membuat penghitungan suara ditunda menunggu hasil rekap suara.

"Dua orang yang tak dikenal itu masuk ke ruangan PPK sehingga menimbulkan aksi protes dari para saksi karena keberadaan kedua orang tersebut sangat mencurigakan," ujar Ismail.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Medan Deli Faisal Haris menegaskan bahwa pihaknya akan segera memanggil Ketua PPK Medan untuk meminta klarifikasinya terkait adanya dugaan penggelembungan suara.
"Panwaslu Medan Deli secepatnya akan memanggil Ketua PPK Medan Deli karena adanya kericuhan dan masuknya dua orang yang tak dikenal ke dalam ruangan perhituangan suara," ujar Faisal Haris.

Ketika kembali dikonfirmasi, Selasa (5/3), Ketua Panwaslu Medan Deli, Faisal Haris SH melalui pesan singkat Whatsapp yang dikirimkam ke ponselnya memastikan akan memanggil pihak PPK Medan Deli.

"Belum. Tapi nanti akan kami panggil, " ucapnya. **

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Jalaluddin Lase
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Minta Kapoldasu Kembali Proses LP  Mengendap Selama 9 Tahun
Wak Genk: Hukum Berat 3 PPK Medan Timur dan Batalkan SK 36 KPU Medan
Setelah Adiknya dilepas Poldasu, Mantan Bupati Batubara Diperiksa Terkait Korupsi Seleksi PPPK
Polres Labuhanbatu Hadiri Pelantikan PPK se-Kabupaten Labuhanbatu
Kejari Langkat Hadiri Pelantikan PPK se- Kabupaten Langkat Sekaligus Bintek
Komisioner KPU Pakpak Bharat Lantik 40 Orang PPK di 8 Kecamatan
komentar
beritaTerbaru