Sabtu, 20 Juli 2024

Inampa Jadi Tuan Rumah Kongres IMPA Ke-27 Tahun 2026 di Bali

Toga Pasaribu - Jumat, 05 April 2024 15:54 WIB
Inampa Jadi Tuan Rumah Kongres IMPA Ke-27 Tahun 2026 di Bali
Presiden Inampa Herman Pasoroan Harianja menyampaikan hasil kunjungan Presiden IMPA Capt Simon Pelletier terkait kesiapan Inampa sebagai tuan rumah kongres yang digelar di Bali tahun 2026.
Medan, MPOL - Presiden Inampa (Indonesian Maritime Pilots' Association), Herman Pasoroan Harianja, menegaskan Indonesia siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan event akbar perwira pandu maritim dari seluruh dunia.

Baca Juga:
"Penyelenggaraan event akbar seluruh perwira pandu maritim yang tergabung dalam Kongres International Maritime Pilots' Association (IMPA) ke–27 tahun 2026 akan berlangsung di Nusa Dua, Bali. Ini baru pertama kali Indonesia ditunjuk sebagai penyelenggara kongres sejak Inampa diterima sebagai anggota IMPA tahun 2017," tegas Herman Pasoroan Harianja kepada sejumlah wartawan saat melaksanakan acara buka puasa bersama di Habitat cafe & resto di Jl. KH Wahid Hasyim Medan, Kamis (4/4).

Herman menyebutkan, pada 26 hingga 30 Maret 2024 lalu, Presiden International Maritime Pilots' Association (IMPA) sebagai induk organisasi global perwira pandu maritim dunia, Capt Simon Pelletier dari Canada Capt Matthew Williams dari Inggris mengadakan kunjungan kerja ke Bali untuk meninjau kesiapan Inampa sebagai tuan rumah kongres.

Kunjungan kerja yang dipusatkan di Westin Hotel & Resort Nusa Dua, Bali itu menurut Herman adalah bentuk komitmen kuat dari Executive IMPA terhadap Indonesia yang dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara Kongres IMPA ke–27 tahun 2026.

Herman menambahkan, Inampa resmi menjadi anggota IMPA sejak tahun 2017 dan Inampa sangat aktif dalam kegiatan berskala global yang dilakukan oleh IMPA seperti mengikuti Kongres IMPA ke
ke-23 tahun 2016 di Seoul, Korea Selatan, Kongres IMPA ke-24 tahun 2018 di Dakkar, Senegal, Kongres IMPA ke-25 tahun 2022 di Cancun, Mexico.

"Pada 20 sampai 27 April 2024 yang akan datang, Inampa juga akan mengikuti Kongres IMPA ke-26 yang akan berlangsung di Rotterdam, Belanda," ujar mantan Direktur SDM dan Personalia Pelindo I dan IV tersebut.

Menurut Herman, menjadi host Kongres IMPA ke-27 tahun 2026 tersebut memberikan banyak manfaat bagi Indonesia, sama halnya ketika Indonesia menjadi tuan rumah event internasional seperti G20, IMF/World Bank Meeting.

"Selain mewujudkan kebanggaan juga sebagai bukti Inampa memiliki kompetensi, kapasitas dan pengalaman untuk menyelenggarakan acara tersebut," ujarnya.

Kongres akan dihadiri seluruh anggota IMPA yang merupakan mitra strategis International Maritime Organization (IMO) badan resmi PBB yang mengurusi maslah kemaritiman dunia dan saat ini memiliki ±175 negara anggota.

Hadir dalam acara buka puasa bersama tersebut, mantan General Manajer Belawan Internasianal Container Belawan (BICT), Aris Zulkarnain dan sejumlah perwira pandu lainnya.(Topas)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru