Selasa, 23 Juli 2024

Natal Oikoumene di Medan Utara Cerminkan Kerukunan Umat Beragama

Toga Pasaribu - Rabu, 03 Januari 2024 23:02 WIB
Natal Oikoumene di Medan Utara Cerminkan Kerukunan Umat Beragama
Perayaan Natal Oikoumene di Medan Utara Cerminkan Kerukunan antar Umat Beragama.
Medan, MPOL - Perayaan Natal Oikoumene dikawasan Medan bagian Utara cerminkan kerukunan umat beragama dikawasan tersebut berjalan baik dan harmonis. Rabu (3/1/2024)

Sebab, perayaan Natal Oikoumene yang diadakan pada 27 Desember 2023 lalu dihadiri masyarakat Muslim dan Budha yang memadati gedung Gereja HKBP Kambes Medan Labuhan di Jalan KL Yos Sudarso KM 14.5 Kelurahan Kecamatan Medan Labuhan.

"Kami sangat berterimakasih atas tanggapan positif masyarakat Medan Utara terhadap Natal Oikoumene Medan Utara yang telah dilaksanakan dengan hikmat dan juga dihadiri saudara kita beragama Muslim dan Budha," kata Rion Arios yang ditunjuk sebagai Ketua Panitia Natal Oikumene Medan Utara oleh para pendeta dari 23 gereja berbagai denominasi di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Medan Belawan, Medan Marelan dan Medan Labuhan itu.

Dijelaskan Rion Arios yang juga Calon Legislatif DPRD Medan Dapil 2 dari PDI Perjuangan nomor urut 5 itu, bahwa kehadiran Ustadz Martono, SPd, SH bersama keluarga Muslim lainnya dan Pandita Arya Eka (pemimpin agama Budha) didampingi sejumlah warga Budha Medan Utara menunjukkan keberagaman di bagian Utara Kota Medan memiliki kerukunan yang baik dan harus tetap dirawat.

Menyambut Pemilihan Legislatif dan Presiden pada 14 Februari 2023 nanti, kerukunan antar umat beragama ini harus tetap kita jaga, politik untuk kemajuan bangsa dan negara dan saluran aspirasi masyarakat untuk hak demokrasi, jadi merupakan suatu hal yang berbeda. Ungkapnya.

Sementara itu, Ustadz Martono dan Pandita Arya juga menyambut baik dengan dilibatkannya tokoh agama lain dan acara Natal sehingga dapat berkesempatan menyampaikan Selamat Natal bagi umat Kristen yang juga merupakan saudara bagi agama lainnya. Senada kedua tokoh agama tersebut mengharapkan di masa yang akan datang, tetap kita jalin hubungan baik ini, apalagi dalam waktu dekat akan pesta demokrasi Pemilu 2024.

"Kita harus bekerjasama dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta terus merawat kerukunan umat beragama, " Ucap tokoh agama tersebut.

Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Janton Silaban dalam sambutannya menyambut gembira perayaan Natal Oikoumene tersebut
karena untuk pertama kali menghadiri Natal bersama masyarakat Medan Utara, sebab dirinya baru seminggu menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan.

Janton Silaban juga mengapresiasi kehadiran tokoh agama lain yaitu Muslim dan Budha bersama menghadiri Natal Oikoumene Medan Utara 2023. "Harapannya Natal Oikoumene Medan Utara yang dihadiri tokoh agama lain menunjukkan kerukunan umat beragama yang baik serta tentu saja akan menciptakan Kamtibmas yang baik pula," Pungkas Kapolres Belawan yang sebelumnya bertugas di Polda Riau itu. "


Baca Juga:
Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Baringin MH Pulungan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru