Sabtu, 20 Juli 2024

LPS Medan Perkuat Literasi Keuangan melalui Edukasi Publik

Hendro - Selasa, 04 Juni 2024 17:30 WIB
LPS Medan Perkuat Literasi Keuangan melalui Edukasi Publik
(tengah) Muhamad Yusron, Kepala Kantor Perwakilan LPS I Medan, serta (kanan) Pramuji Novri H, Kepala Divisi Edukasi, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Kelembagaan LPS I Medan saat silaturrahmi dengan insan media di Gedung Sinar Mas Medan.
Medan, MPOL - Kantor Perwakilan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) I Medan mengadakan acara sosialisasi peran LPS dalam menjaga stabilitas sistem keuangan nasional, Selasa (4/6).

Baca Juga:

Acara yang berlangsung di Gedung Sinar Mas ini dihadiri oleh insan media dan beberapa narasumber penting, termasuk Muhamad Yusron, Kepala Kantor Perwakilan LPS I Medan, serta Pramuji Novri H, Kepala Divisi Edukasi, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Kelembagaan LPS I Medan.

Dalam kegiatan itu, Muhamad Yusron menjelaskan dua tugas utama kantor perwakilan LPS, yaitu memberikan dukungan edukasi publik dan hubungan kelembagaan, serta dukungan surveillance, resolusi, dan pemantauan pengaduan bank.

"Kami berwenang penuh untuk sosialisasi dan edukasi publik. Dalam rencana kerja kami selama Mei hingga akhir tahun ini, kami akan gencar melakukan kegiatan sosialisasi dan literasi, menggandeng berbagai pihak seperti perbankan, lembaga pemerintah, instansi pemerintah, serta masyarakat umum," ujar Yusron.

Yusron juga menekankan pentingnya mendekatkan LPS kepada masyarakat mengingat rendahnya tingkat kesadaran masyarakat tentang LPS.

"Kami akan rutin mengadakan pertemuan dan workshop dengan media, serta kegiatan CSR dan sponsor untuk mendukung komunikasi dengan lembaga lain," tambahnya.

Sementara itu, Pramuji Novri H menyoroti layanan yang disediakan oleh kantor LPS bagi masyarakat dan nasabah.

"Kami menyediakan ruangan khusus untuk memberikan layanan informasi terkait tugas dan fungsi LPS serta informasi perbankan.
Masyarakat bisa menghubungi pusat layanan informasi (Puslinfo) LPS di nomor 154 kapan saja," jelas Novri.

Yusron juga mengungkapkan rencana pertemuan dengan perbankan di Sumatra Utara untuk memperkenalkan kantor perwakilan LPS I - Medan dan mengingatkan bank tentang kewajiban mereka sebagai peserta penjaminan LPS.

"Kami akan bertemu dengan bank umum dan BPR-BPRS di wilayah Sumatera Utara untuk membahas kewajiban mereka, seperti pelaporan dan pembayaran premi," kata Yusron.

Dalam upaya meningkatkan literasi keuangan, Kantor LPS Medan juga berencana mengadakan sosialisasi dan edukasi ke berbagai kalangan, termasuk mahasiswa dan akademisi.

"Mahasiswa adalah generasi masa depan kita, sehingga penting bagi mereka untuk mengenal LPS dan fungsi penjaminan simpanan," ujar Yusron.

LPS Medan, yang baru beroperasi sejak 3 Mei 2024, merupakan salah satu dari tiga kantor perwakilan yang dibuka tahun ini, selain di Surabaya dan Makassar.

"Medan dipilih karena merupakan kota terbesar di Pulau Sumatera dan memiliki peran strategis dalam sistem keuangan nasional," pungkas Yusron. (Dro/Rel).

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pertemuan LPS Medan dengan Perbankan di  Sumut: Penjaminan Simpanan Jadi Fokus Utama
komentar
beritaTerbaru