Senin, 22 Juli 2024

Ini Tips Berkendara Ketika Melewati Jalur Sempit

Rifki Warisan - Jumat, 24 Mei 2024 20:10 WIB
Ini Tips Berkendara Ketika Melewati Jalur Sempit
Istimewa
Ada beberapa hal penting harus diperhatikan pengendara untuk dapat melalui jalan sempit saat berkendara dengan motor.

Baca Juga:
Medan, MPOL - Berkendara sepeda motor tidak akan pernah terlepas dari yang namanya kepadatan lalulintas, terutama berkendara di daerah perkotaan sehingga kita akan mencari jalur alternatif yang identik dengan jalur sempit.


Untuk mendapatkan kenyamanan berkendara dengan motor di jalan, maka kondisi medan jalan menjadi hal yang dapat mendukung terciptanya #cari_aman. Seperti halnya saat harus berkendara melewati jalan sempit atau gang yang jelas memerlukan keahlian khusus, dikarenakan tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara, mengungkapkan bahwa kewaspadaan dan sikap hati-hati menjadi hal yang penting untuk dilakukan para pengendara motor yang harus melewati jalan yang tidak terlalu lebar.

Menurut Hazri, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan pengendara untuk dapat melalui jalan yang tidak terlalu lebar saat sedang berkendara dengan motor.

Pertama, tetap gunakan jalur sebelah kiri, karena jalur kiri merupakan posisi tepat ketika berkendara di gang yang sempit. Karena dengan memposisikan motor di jalur kiri, maka akan mempermudah motor lainnya untuk berkendara di jalan yang sama maupun dari arah yang berlawanan.

Hal penting yang kedua, menjaga jarak serta keseimbangan ketika berkendara merupakan hal penting bagi keselamatan pengendara maupun keselamatan para pengguna jalan lainnya, termasuk saat menghadapi kondisi jalanan berupa tanjakan dan belokan di jalur sempit. Karena itu, untuk membantu pengendara terhindar dari kecelakaan motor, maka harus memperhatikan jarak berkendara aman di jalan.

Tips ketiga, ketika pengendara berhadapan dengan jalanan yang sempit, dengan kondisi turunan dan tanjakan, maka ada baiknya pengendara medinginkan kendaraaanya sebelum mulai berkendara.

Tips selanjutnya yaitu mengontrol kecepatan motor saat di jalan sempit menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk #cari_aman dan waspada blind spot di daerah jalur sempit antara gang ke gang, bisa saja dari balik jalur ada pengendara lain atau pejalan kaki yang keluar tiba-tiba.

Sofiyan Hazri menambahkan bahwa selain keempat hal penting tersebut harus dipatuhi pengendara saat di jalan sempit, baiknya perawatan berkala juga harus menjadi perhatian. Mempercayakan perawatan motor kesayangan bersama ahlinya di bengkel resmi AHASS, maka tentunya #cari_aman dan kenyamanan berkendara juga akan didapatkan. **

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru