Jumat, 14 Juni 2024

Dukung SDGs, Pelindo Multi Terminal Edukasi Generasi Muda Untuk Peduli Lingkungan

Hendro - Minggu, 19 Mei 2024 22:00 WIB
Dukung SDGs, Pelindo Multi Terminal Edukasi Generasi Muda Untuk Peduli Lingkungan
Karyawan SPMT mengedukasi siswi SMA untuk membuang sampah sesuai dengan klasifikasinya dalam Edukasi Pilah Pilih Sampah Sejak Dini di SMAS Hang Tuang Belawan pada Jumat (17/5) (ist)
Medan, MPOL -PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo terus berupaya untuk turut berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan melaksanakan Edukasi Pilah Pilih Sampah Sejak Dini kepada para pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa.

Baca Juga:
SPMT menggandeng Ecofriendly Board hadir di SMAS Hang Tuah Belawan, Medan pada Jumat (17/5) untuk melakukan edukasi pilah pilih sampah sehingga dapat diubah menjadi produk baru yang memiliki nilai tambah, seperti furniture rumah tangga.

Direktur SDM SPMT, Edi Priyanto menjelaskan, kegiatan Edukasi Pilah Pilih Sampah ini menjadi salah satu wujud nyata kepedulian SPMT terhadap permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini demi menjaga kelestarian lingkungan yang akan diturunkan kepada generasi penerus selanjutnya.

"Tanpa kita sadari aktivitas sehari-hari yang kita lakukan bisa menghasilkan timbunan sampah yang dapat berdampak pada pencemaran lingkungan, perubahan iklim hingga penurunan kualitas lingkungan hidup. Oleh karena itu, kita harus bertanggung jawab untuk bisa memilih dan mengelola sampah lebih bijaksana yang dimulai dari diri sendiri. Sebagai generasi muda yang akan menjadi pemimpin di masa depan sudah sepatutnya untuk menjadi pionir untuk melakukan perubahan dari lingkungan terkecil yang ada di sekitar kita," tutur Edi dalam sambutannya.

Lanjut Edi, ilmu yang diperoleh para pelajar tersebut diharapkan dapat diimplementasikan secara nyata di lingkungan sekitarnya seperti rumah dan sekolah, sehingga langkah kecil yang dilakukan saat ini dapat membawa perubahan yang besar demi kelestarian lingkungan di masa depan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Baharuddin Harahap dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengelolaan sampah yang baik bisa dimanfaatkan menjadi suatu berkah.

"Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan siap mendukung segala inisiasi program mengenai edukasi pengelolaan sampah seperti yang dilakukan oleh Pelindo Multi Terminal maupun para pegiat lingkungan. Semoga ilmu yang diperoleh oleh siswa-siswi ini bisa dismanfaatkan dan diimplementasikan dengan baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitarnya," ujar Baharuddin.

VP Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) SPMT, Joni Ilyas menambahkan bahwa program Edukasi Pilah Pilih Sampah ini akan digelar secara rutin di sejumlah sekolah di wilayah Medan dan di sekitar wilayah kerja SPMT lainnya.

"Kegiatan yang digelar di SMAS Hang Tuah Belawan menjadi kegiatan perdana, selanjutnya SPMT akan hadir di berbagai sekolah maupun institusi pendidikan lainnya untuk mengampanyekan pentingnya menjaga lingkungan hidup. SPMT ingin menanamkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup semenjak dini. Hal itu sejalan dengan komitmen SPMT mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs yang tersirat pada pilar pembangunan sosial, Pembangunan ekonomi, dan Pembangunan lingkungan," tambah Joni.

Ditambahkan Joni, program ini juga mengikutsertakan keterlibatan karyawan SPMT untuk terjun langsung dalam kegiatan sosial tersebut yang menjadi bagian dari program Employee Social Responsibility (ESR) yang bertajuk SPMT Rise! (Responsibility Initiative for Social Emporement) yang diluncurkan SPMT pada Februari lalu. SPMT Rise! menjadi wadah bagi karyawan SPMT untuk turun tangan dalam permasalahan sosial yang berada di sekitarnya.

SPMT berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, komunitas @Belawaninaja (komunitas pemuda Belawan yang mempopulerkan wilayah Belawan melalui media sosial, serta Pelindo Youth Community (komunitas pemuda yang diinisiasi oleh SPMT) dalam penyelenggaraan kegiatan ini yang juga dihadiri oleh Direktur SDM SPMT Edi Priyanto, Kepala Sekola SMAS Hang Tuah Belawan Isnadi, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Baharuddin Harahap, Founder Ecofriendly Board Tom Agustinus Sinaga, segenap jajaran guru SMAS Hang Tuah Belawan, dan diikuti oleh seluruh siswa siswi kelas X yang berjumlah 240 orang. Dalam kegiatan tersebut , secara simbolis SPMT menyerahkan 3 set tempat sampah pilah untuk sampah organik, nonorganik, dan plastik kepada SMAS Hang Tuah Belawan. (Dro/Rel).

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru