Sabtu, 22 Juni 2024

400 Atlet Ikuti Kejuaran Pencak Silat SH Terate Cup I

Eli Marlina - Minggu, 04 Februari 2024 11:29 WIB
400 Atlet Ikuti Kejuaran Pencak Silat SH Terate Cup I
Pangdam I/BB, Mayjen Mochammad Hasan berfoto para pesilat dan tamu yang hadir di Kejuaraan Pencak Silat SH Terate CUP I memperebutkan Piala DPW Pujakesuma Sumut yang berlangsung di Aula Gedung Al Azhar Jalan Luku( ina)
Medan, MPOL -Pangdam I/BB Mayjend Mohammad Hasan membuka Kejuaraan Pencak Silat SH Terate Cup I Cabang Kota Medan dalam memperebutkan piala Ketua DPW Pujakesuma Sumut. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari ( 2-4 Februari 2024) dengan tema "Membentuk Para Atlit yang Profesional dan Berbudi Luhur". Kegiatan ini digelar di Gedung Aula Olah Raga Al- Azhar Medan Johor.

Baca Juga:
Pemukulan gong yang dilakukan Pangdam I/ BB menandakan dimulainya kejuaraan Pencak Silat yang diikuti 400 peserta Persaudaraan Setia Hati Terate Pusat Madiun dari Kota/ Kabupaten diantaranya yaitu, Kota Medan, Medan Marelan, Deli Serdang, Asahan, Madina, Tebing Tinggi, Langkat, dan Batubara, dengan Katagori pra remaja, remaja, dewasa.

Dalam sambutannya, Pangdam I/ BB menyambut baik pelaksanaan kejuaraan pencak silat yang di inisiasi oleh PSHT Cabang Kota Medan Pusat Madiun bekerjasama dengan DPW Pujakesuma Sumut in.

"Kegiatan ini merupakan ajang yang tepat untuk menjalin silaturahmi dan memajukan olahraga pencak silat, sekaligus melahirkan bibit-bibit atlet pencak silat yang potensial," katanya, Jumat (2/2/2024).

Menurutnya, pencak silat adalah salah satu jenis cabang olahraga dan budaya asli bangsa Indonesia, yang didalamnya terdapat manfaat bukan hanya sekedar olahraga, tetapi juga sebagai pengembangan mental, spiritual, dan penguatan entitas sosial kebudayaan lokal.

"Untuk itu, harapan saya adalah bahwa bela diri pencak silat ini tidak boleh hilang, karna di TNI juga bela diri pencak silat ini sekarang hal yg utama di galakkan. Intinya saya selaku pangdam disini siap mendukung kemajuan olahraga beladiri kita PSHT ini," ucapnya.

Oleh karena itu, dirinya mengharapkan kepada para peserta agar dapat tampil maksimal, menjunjung tinggi sprotivitas, serta mematuhi peraturan dan tata tertib yang telah ditetapkan selama kejuaraan berlangsung, serta mengerahkan kemampuan dan potensi terbaik yang dimiliki, sehingga dapat meraih prestasi yang membanggakan.

Sementara itu, Ketua DPW Pujakesuma Sumut , H. Sunaryo S. ag. MM, mengatakan tujuan utama acara ini untuk memperkuat tali silaturahmi antar saudara PSHT serta mencetak atlet maupun pesilat PSHT berkualitas yang mampu bersaing di tingkat nasional hingga internasional. Acara ini juga bertujuan untuk melestarikan tradisi pencak silat PSHT.

"Diharapkan, kejuaraan Pencak Silat SH Terate Cup I ini dapat memotivasi dan melahirkan atlet- atlet Pencak Silat PSHT yang berkualitas serta berprestasi, baik di kancah nasional maupun internasional," ujarnya.

Sedangkan Ketua PSHT Cabang Kota Medan - Pusat Madiun Eko Nurcahyo mengharapkan PSHT tetap eksis, sukses, dan dapat memberikan manfaat bagi lingkungan masyarakat bangsa dan negara.

" Acara ini memainkan momentum yang berharga dalam upaya melestarikan warisan budaya melalui olah raga Pencak Silat, sekaligus menjadi wadah untuk memupuk semangat persatuan dan prestasi dikalangan pesilat Persaudaraan Setia Hati Terate ini," tuturnya.

Sementara Itu, Kadispora Medan, Damikrot Harahap mengaku kagum dengan gelaran Kejuaraan Pencak Silat ini. Pasalnya dengan acara Kejuaraan pencak silat dapat melahirkan atlet terbaik. Sehingga nantinya dapat juga ditampilkan bertanding di ajang PON 2024. Dimana PON 2024 nantinya Sumut menjadi tuan rumah..

"Bertandinglah dengan menjunjung tinggi nilai sprotifitas,"ujarnya

Sebelumnya Ketua Panitia Pencak Silat Medan, Fadlan Kamali Batubara mengucapkan terimakasih kepada kawan kawan yang sudah berkiprah sampai akhir di kejuaraan PSHT ini semoga acara ini dapat berjalan dengan baik dan semestinya.

Acara yang berlangsung meriah itu didukung, Pj. Gubsu, Walikota Medan, Ketua DPW Pujakesuma Sumut, Kapolda Sumut, Pangdam I/ BB, Kapolrestabes Medan, Kini Sumut. IPSI Sumut. kesbangpol, Kapolsek Deli Tua, Koramil Medan Ampls. Camat Medan Johor, Lurah Kuala Bemgkala, Kang Mas Lekol PAs Roni Cahyo Setiawan, Mas Cahya Intel Sus AU, Dandim Kota Medan, Dandim 0201, Bakwabangpol, Kadispora Medan, Ketua II Pusat Bidang Pencak Silat Kang Mas Widjaja Prnjoto, Ketua Perwapus Kang Mas Musim ini, Ketua Cabang Kota Medan , dan Ketua Dewan Cabang Medan.

Acara pembukaan Kejuaraan Pencak Silat PSHT diisi dengan pemberian kartu BPJS Ketenagakerjaan dan SIM kepada pelatih dan peserta Pencak silat. ( ina)


Teks foto:

Pangdam I/BB, Mayjen Mochammad Hasan berfoto para pesilat dan tamu yang hadir di Kejuaraan Pencak Silat SH Terate CUP I memperebutkan Piala DPW Pujakesuma Sumut yang berlangsung di Aula Gedung Al Azhar Jalan Luku( ina)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Baringin MH Pulungan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Masyarakat Pancur Batu Kirim Papan Bunga sebagai Bentuk Apresiasi kepada Pangdam I/BB
komentar
beritaTerbaru