Senin, 22 Juli 2024

Edufest Figur Cari Aman: Tanam Etika Berlalu Lintas Anak Usia Dini

Rifki Warisan - Minggu, 26 Mei 2024 20:10 WIB
Edufest Figur Cari Aman: Tanam Etika Berlalu Lintas Anak Usia Dini
Istimewa
Ajang "Edufest Figur #cari_aman", kini memasuki babak penyisihan

Medan, MPOL - Pengembangan model pengajaran keselamatan berkendara yang menyenangkan untuk anak usia dini yang dirangkai dalam aktivitas yang bertajuk "Edufest Figur #cari_aman", kini tengah memasuki babak penyisihan yang berlangsung mulai 18 Mei 2024 s/d 25 Mei 2024 dan 3 Juni 2024 s/d 5 Juni 2024.

Baca Juga:
Saat ini, babak penyisihan Edufest Figur #cari_aman tengah berlangsung dengan antusiasme tinggi di Indako Ngumban Surbakti. Para guru PAUD yang sebelumnya melewati pelatihan keselamatan berkendara berupa Training Safety Riding Awareness serta Talkshow & TFT For Kids pada bulan Maret dan April, kini menampilkan keahlian mereka dalam berbagai tantangan, mulai dari Honda Riding Trainer, Edugames serta Zona Etika Lalu Lintas.

Para peserta kini berhadapan dengan serangkaian tantangan yang menguji pengetahuan dan keterampilan mereka dengan partisipasi aktif anak didik PAUD perwakilan dari setiap sekolah turut memeriahkan acara, menunjukkan komitmen mereka dalam memahami pentingnya keselamatan berlalu lintas sejak dini.

Honda Riding Trainer merupakan tantangan pertama yang menghadirkan simulasi berkendara dengan menggunakan Honda Riding Trainer. Peserta harus menunjukkan kemampuan mengendalikan sepeda motor secara aman dan cermat di berbagai kondisi jalan.

Selanjutnya peserta akan dirhadapkan dengan tantangan pada zona Edugames yang tidak kalah seru, didesain khusus untuk memperdalam pemahaman tentang aturan lalu lintas. Para peserta akan diminta untuk berkreasi dalam mengajarkan etika berlalu lintas kepada anak didik PAUD dari perwakilan masing-masing sekolah.

Dengan menggunakan media Edugames sebagai alat bantu, para guru diberikan waktu selama 15 menit untuk mengekspresikan konsep pengajaran tersebut secara kreatif.

Kemudian tantangan terakhir mempertemukan peserta dengan Zona Etika Lalu Lintas. Dalam zona ini, peserta akan mengajarkan konsep-konsep penting tentang keselamatan berlalu lintas secara kreatif kepada anak-anak PAUD.

Tantangan ini meliputi cara berjalan di pinggir jalan raya, prosedur menyeberang menggunakan trotoar dan zebra cross, serta strategi untuk menyeberang jalan saat tidak ada trotoar atau zebra cross. Peserta juga akan memberikan pemahaman tentang berbagai rambu lalu lintas sambil mempraktikkannya bersama anak-anak yang mengendarai push bike.

Babak penyisihan ini bukan sekadar kompetisi, tetapi juga merupakan sarana untuk menyampaikan materi ajar yang menarik dan efektif bagi anak usia dini, diperkuat dengan dukungan penuh dari 36 guru PAUD yang berdedikasi.

Para peserta tidak hanya berlomba untuk meraih gelar Edufest Figur #cari_aman, tetapi juga untuk memperjuangkan keselamatan dalam berkendara bagi generasi masa depan. Dari babak penyisihan ini, akan dipilih 5 peserta terbaik yang berhak maju ke babak grand final Edufest Figur #cari_aman pada Agustus 2024.

Tuti Syahyuni, S.P., S.Pd., M.Psi selaku Ketua IGTKI Medan, dengan antusias mengungkapkan kegembiraannya terhadap Contest Edufest Figur #cari_aman yang diadakan Honda, tidak hanya memperkenalkan pola pembelajaran baru bagi para guru namun juga tantangan yang menarik memacu semangat para guru untuk menunjukkan kemampuan dalam ajang ini yang diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi keselamatan berkendara anak didik usia dini.

Gunarko Hartoyo, selaku Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy, sangat menyambut baik antusias dan partisipasi 36 guru PAUD dalam Contest Edufest Figur #cari_aman yang merupakan bagian dari komitmen Honda untuk mendukung keselamatan berkendara, terutama bagi generasi muda.

Pihaknya percaya bahwa edukasi keselamatan berkendara sejak dini sangatlah penting, dan merasa bangga dapat menjadi bagian dari inisiatif ini untuk menciptakan lingkungan berkendara yang lebih aman dan bertanggung jawab bagi anak-anak di masa depan. **

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru