Minggu, 21 April 2024

Bawaslu Labuhanbatu : Jika Ada Temuan Pelanggaran Pemilu, Laporkan!

Abi Ridwan - Selasa, 06 Februari 2024 20:01 WIB
Bawaslu Labuhanbatu : Jika Ada Temuan Pelanggaran Pemilu, Laporkan!
Ist
DR. Bernat Panjaitan, SH., M.Hum salah satu anggota Bawaslu Labuhanbatu saat memberikan pemaparan.
Labuhanbatu, MPOL -Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Labuhanbatu menggelar sosialisasi peraturan dan non peraturan Pemilu tahun 2024 bersama media pers Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (6/2/2024) siang di Rantauprapat tepatnya dirumah makan cindelaras.

Baca Juga:

Kegiatan yang mengusung tema Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu itu diikuti oleh sejumlah wartawan yang bertugas di Labuhanbatu dari berbagai media seperti, media elektronik, media online dan media cetak.

Dalam pemaparannya, narasumber dari pihak Bawaslu Labuhanbatu menjelaskan tahapan-tahapan cara membuat laporan resmi jika ada temuan pelanggaran yang terjadi pada saat menjelang pemilihan umum 14 Februari 2024 mendatang.

Bernat mengatakan, warga yang mendapati berbagai kecurangan maupun pelanggaran yang terjadi berkaitan dengan pemilu 2024, silahkan segera mungkin melapor ke Bawaslu Labuhanbatu.

"Temuan pelanggaran Pemilu, memiliki batas waktu yakni dua hari. Lewat dari batas waktu yang ditentukan temuan tidak bisa diproses," paparnya.

Adapun tahapan laporan temuan tindak pidana pemilu yaitu, melakukan registrasi laporan temuan sebelum dua hari, mengetahui jelas pelaku pelanggaran, kronologi kejadian, alat bukti dan tempat terjadinya pelanggaran.

"Kami dari Bawaslu saat ini lagi kesulitan seperti menangani adanya laporan terhadap oknum Kepala Lingkungan (Kepling) yang mana Peraturan Daerah (Perda) hingga sampai saat ini belum kami terima meski sudah berulang kali kami surati kepada Pemerintah Daerah (Pemda),"Sebut Bernat.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Diduga Hina Suku Nias Akun FB Elvi Hidayani Marpaung Dilaporkan ke Polda Sumut
Tak Dilengkapi Bukti-Bukti, Gugatan Pelanggaran Administrasi Pemilu 2024 Ditolak Bawaslu
Oknum Penyidik PPA Polrestabes Medan Dinilai Tak Profesional Dilaporkan ke Propam Poldasu
Bawaslu Gelar Ngabuburit Pengawasan dan Buka Puasa Bersama Elemen Masyarakat
Bangun Tembok di Lahan Orang, Polrestabes Medan Didesak Periksa Pengusaha Asal Jakarta
Caleg Demokrat Dodi Simangunsong Lapor Dugaan Penggelembungan Suara ke Bawaslu
komentar
beritaTerbaru