Senin, 22 Juli 2024

JanganTancap Gas, Ini Tips Berkendara di Jalan Gelap

Rifki Warisan - Senin, 27 Mei 2024 21:58 WIB
JanganTancap Gas, Ini Tips Berkendara di Jalan Gelap
Istimewa
Jika terpaksa melalui jalanan gelap, pengendara harus perhatikan sejumlah untuk lindungi keselamatan
, MPOL - Bekendara di malam hari atau saat gelap memang menjadi satu tantangan tersendiri bagi para pengendara sepeda motor. Karena tidak hanya minim pencahayaan yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan, namun ancaman tindak kriminal seperti halnya begal dan perampokan juga sangat besar terjadi.

Baca Juga:
Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara, mengungkapkan bahwa untuk #cari_aman saat naik motor di jalan, maka berkendara di malam hari atau saat gelap sebisa mungkin harus dihindari. Sebaiknya cari jalan yang memiliki pencahayaan yang cukup dan banyak dilalui pengendara lainnya.

Instruktur Safety Riding terlatih Honda ini juga mengungkapkan, namun jika tidak ada pilihan lain hingga terpaksa harus melalui jalanan gelap tersebut, maka pengendara harus memperhatikan sejumlah hal penting yang harus dilakukan untuk melindungi hal berharga dalam hidup yaitu keselamatan.

Pertama, agar berkendara aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya pengendara memastikan terlebih dahulu bahwa setiap komponen penting pada motor berfungsi dengan baik. Seperti halnya fungsi kelistrikan, mengingat satu-satunya penerangan berasal dari lampu kendaraan, sebut saja lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein.

Kedua, sebaiknya untuk tidak berkendara seorang diri pada jalan yang gelap. Selain dapat menjadi teman di jalan, juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya tindak kejahatan, mengingat para pelaku biasanya lebih mengincar para pengendara yang sendirian.

Ketiga, komitmen untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas harus dilakukan para pengendara kapanpun dan dimanapun. Karena meski kondisi jalan gelap dan sepi, bukan berarti dibenarkan untuk melanggar peraturan lalu lintas seperti halnya menerobos lampu merah.

Keempat, dikarenakan minimnya pencahayaan pada jalan yang gelap, maka pengendara diharuskan untuk selalu menjaga jarak dengan pengendara lainnya. Selain untuk menghindari terjadinya kecelakaan beruntun, pengendara juga harus terus waspada, karena hal buruk bisa saja terjadi.

Kelima, ada baiknya pengendara menggunakan pakaian berwarna cerah atau yang bisa memantulkan cahaya. Karena dengan menggunakan pakaian cerah tersebut, maka keberadaan pengendara akan dapat terlihat oleh pengguna jalan lainnya.

Sofiyan Hazri dengan semangat Satu Hati menambahkan bahwa selain sejumlah hal tersebut, kondisi motor yang prima juga tentunya dapat mendukung terciptanya #cari_aman dan kenyamanan meski harus berkendara di jalan yang gelap.

"Karena itu, sebaiknya tetap lakukan perawatan berkala pada motor kesayangan, dan percayakan kepada ahlinya di bengkel resmi AHASS, ujarnya. **

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru