Selasa, 23 Juli 2024

Webinar PW IKA USU Jakarta : Welcome Alumni "Life After Graduation"

Jalaluddin Lase - Senin, 03 Juni 2024 11:37 WIB
Webinar PW IKA USU Jakarta : Welcome Alumni "Life After Graduation"
Jakarta, MPOL - Pengurus Wilayah Ikatan Keluarga lumni (IKA) Universitas Sumatera Utara (USU), Jakarta berhasil mengundang sedikitnya 650 Peserta dalam satu Webinar, bertajuk Life After Graduations, Kamis, 29 mei 2024 kemarin.

Baca Juga:
Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran pada adik adik alumni baru, maupun mahasiswwa tingkat akhir USU, apakah mereka akan berkarir dalam dunia profesional atau memilih untuk Wirausaha.Sebagaimana disampaikan oleh Wakil Ketua PW IKA USU Jakarta Bidang Karir dan Kewirausahaan Ahmad Nofri Agus.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Kealumnian, Rahma Yurliani S Psi MPsi, mewakili Pembantu Rektor I USU menyambut baik kegiatan ini. karena menurutnya, dengan adanya Sharing Session ini, adik-adik akan mendapatkan, sejumlah inspirasi, pengalaman alumni Senior yang dapat membantu adik adik alumni meningkatkan soft skill nya.

Bertindak sebagai Host dan Moderator, Sondang Silalahi, Koordinator bidang Karir dan Ketenagakerjaan PW IKA USU Jakarta, yang juga berkarir di Garuda Indonesia Tbk.

Webinar tersebut menampilkan pembicara yang sangat berkompeten, diantaranya, Leni Marlina, Seorang Profesional Human Resource (HR) perusahaan multinasional menyampaikan pentingnya kepercayaan diri bagaimana menampilkan diri yang disampaikan melalui Curriculum Vitea (CV).

"Setiap manusia diberikan Tuhan kemampuan yang berbeda-beda dan unik. Oleh karena itu perlu menggali. Tidak ada istilah tidak bisa jika orang lain bisa berarti kita pun bisa. Jangan minder terhadap jurusan kuliahmu tapi berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam segala hal dan punya integritas tinggi dalam melakukan apa pun. Harus aktif dalam berbagai kegiatan semasa kuliah karena itu akan menjadi nilai jual ketika mencari pekerjaan. Yang dicari perusahaan itu bukan orang yang standard biasa, tetapi memiliki kemampuan lebih dibanding candidate yang lain. Bagaimana supaya memiliki kemampuan lebih? Terus lah belajar," ucapnya memberi petuah dan wejangan dalam Webinar tersebut.

Sementara itu Andre Silaban, CEO Corporate Services Provider Daksa Handal Sinergi mengajak alumni muda USU, untuk terus berfikir membangun bisnis baik jasa atau manufaktur sekalipun. Andre mengajak adik-adik yang berminat dalam wirausaha untuk mengenali dirinya sedini mungkin, jika ingin terjun ke dunia bisnis. karena menurutnya rencana masa depan, berawal dari pengenalan diri seorang individu itu sendiri.

"Jika ingin terjun berbisnis mulai dengan mengetahui diri sendiri, percaya diri dan lakukan sampai bisnisnya berjalan," ucapnya.

Pada sesi berikutnya, Praktisi BUMN Perkebunan, Muhammad Ihsan, mendorong adik-adik alumni untuk terus menambah skill dengan mengikuti pelatihan-pelatihan dan sertifikasi yang sangat berguna bagi perjalanan karir kedepan.

Pembicara terakhir Erita Zurahmi Pebisnis fashion dan skin care mengajak adik adik untuk berani memulai small bisnis dengan memulai dari yang mudah, yang ringan dan yang disukai dan mulai dari sekarang.

Sejumlah pertanyaan, dan argumentasi "berhamburan" dalam Webinar tersebut, antusias alumni muda mengikuti webinar tersebut memberi warna dan semangat pada IKA USU Jakarta untuk erus berkontribusi pada USU dan alumni Mudanya, agar mudah menembus belantara Karir dan bisnis setelah lulus dari USU.

Para alumni muda tersebut berharap acara seperti ini bisa diadakan rutin dan dengan waktu yang cukup juga bisa menghadirkan alumni dengan beragam profesi.*

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Jalaluddin Lase
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru