Sabtu, 20 Juli 2024

Tertarik Dengan MPP, Pj Wako Tebing Tinggi Terima Kunker Wabup Nias

Ismail Batubara - Senin, 13 Mei 2024 19:27 WIB
Tertarik Dengan MPP, Pj Wako Tebing Tinggi Terima Kunker Wabup Nias
Ist
Penjabat Wali Kota Tebingtinggi Syarmadani, saat menerima kunker Wabup Nias, Arota Lase.
Tebingtinggi, MPOL - Penjabat Wali Kota Tebingtinggi, Syarmadani menerima kunker (kunjungan kerja) Wakil Bupati (Wabup) Nias, Arota Lase, Senin (13/5/2024), di rumah dinas Wali Kota Jl. Dr. Sutomo.

Baca Juga:

Penjabat Wali Kota Tebingtinggi Syarmadani, berharap bisa terjalin kerja sama atau MoU (Memorandum of Understanding) antara Pemko Tebingtinggi dan Pemkab Nias.

"Bila perlu dilakukan MoU, akan kita lakukan sebagai bentuk sinergitas dan memajukan serta mensejahterakan masyarakat, khususnya di Kota Tebingtinggi dan Kabupaten Nias," kata Syarmadani.

Terkait studi tiru dan studi banding Pemkab Nias terhadap MPP (Mal Pelayanan Publik) yang ada di Kota Tebingtinggi, Syarmadani mengatakan, bahwa apa yang bisa pihak Pemko Tebingtinggi tampilkan, akan ditampilkan, begitupun juga yang sudah beralih ke digitalisasi, namun dengan tetap menjaga basis-basis data.

"MPP kami 1 lantai, sifatnya administrasi, namun tidak semata-mata administrasi, ada waktu perlu pelayanan seremonial, semisal nikah. Di lantai 2 adalah ruang gedung serbaguna," jelas Syarmadani.

Saran masukan juga disampaikan Syarmadani, terhadap MPP yang ada di Kota Tebingtinggi, karena diakuinya, Pemko Tebingtinggi masih terus belajar, dan melakukan pembenahan perbaikan.

"Selamat datang. Kami sangat besar hati, bapak Wakil Bupati Nias dan rombongan bersedia hadir untuk berkunjung ke Kota Tebingtinggi ini. Kiranya antar daerah bisa saling mendukung," ungkap Syarmadani.

Sementara Wabup Nias, Arota Lase menyampaikan, maksud kunjungan kerja selain menjalin silaturahmi, sekaligus juga dalam rangka pelaksanaan koordinasi dan konsultasi Pemerintah Kabupaten Nias kepada Pemerintah Kota Tebingtinggi, tentang pembentukan dan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP), melakukan studi tiru atau studi banding di Kota Tebingtinggi ini.

"Tentu pertanyaannya adalah, mengapa lokusnya di Kota Tebingtinggi? Jawabannya, karena kami peroleh informasi, bahwa penyelenggaraan pelayanan publik di Kota Tebingtinggi sudah berjalan dengan baik, dan khusus penyelenggaraan MPP telah diresmikan pada tahun 2022 yang lalu. bahkan, pemerintah kota Tebingtinggi merupakan salah satu dari 4 Kabupaten/ Kota di provinsi Sumatera Utara yang telah membentuk dan menyelenggarakan Mal Pelayanan Publik tersebut," terang Wabup Nias.

Lanjut Wabup Nias, saat ini Pemkab Nias sedang melakukan pembenahan penyelenggaraan pelayanan publik dan berdasarkan penilaian dari Ombudsman RI, Pemkab Nias telah 2 tahun berturut-turut masuk kategori zona hijau. Dan pada tahun 2024 ini, Pemkab Nias memprogramkan untuk membentuk dan menyelenggarakan Mal Pelayanan Publik, sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden nomor 89 tahun 2021 tentang penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik.

"Kiranya Pemerintah Kota Tebingtinggi membantu kami untuk persiapan pembentukan Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Nias. Kami juga berharap, kiranya kepada kami diberi kesempatan untuk melakukan peninjauan Mal Pelayanan Publik di Kota Tebingtinggi ini, termasuk studi tiru atas dokumen yang terkait dengan pengusulan pembentukan dan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik," ujar Wabup Nias.

Di samping itu tambah Wabup Nias, berdasarkan informasi yang diterima, bahwa sudah banyak aplikasi digital yang dibangun dan dimiliki oleh Pemerintah Kota Tebingtinggi di bidang pelayanan publik, akuntabilitas kinerja, dan reformasi birokrasi.

Berkenaan hal tersebut, Wabup Nias juga berharap, kiranya ke depan, adanya terjalin kerja sama antara Pemerintah Kota Tebingtinggi dengan Pemkab Nias dalam hal pemanfaatan aplikasi digital, yang telah dibangun dan dimiliki oleh Pemerintah Kota Tebingtinggi di bidang pelayanan publik, akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi tersebut.

Pertemuan tersebut turut dihadiri Sekda dan OPD terkait jajaran kedua pemerintahan.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Tertarik Dengan MPP, Pj Wako Tebing Tinggi Terima Kunker Wabup Nias
komentar
beritaTerbaru