Selasa, 23 Juli 2024

Pj Sekdako Tebing Tinggi Berharap Musrenbang Kelurahan Tidak Serimonial

Ismail Batubara - Rabu, 03 Januari 2024 20:23 WIB
Pj Sekdako Tebing Tinggi Berharap Musrenbang Kelurahan Tidak Serimonial
Ist
Pj Sekdako, H Kamlan Mursyid
Tebing Tinggi, MPOL- Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tebingtinggi (Pj Sekdako), H Kamlan Mursyid menyampaikan, musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) telah menjadi istilah populer, dalam penyelenggaraan perencanaan pembangunan dan penganggaran didaerah.

Baca Juga:

Namun pada pelaksanaannya, musrenbang sering kali belum mencerminkan semangat musyawarah yang bersifat partisipatif dan dialogis.

"Kemudian proses musrenbang kelurahan jangan sampai disusun sebagai suatu acara seremonial, yang separuh atau sebagian besar dari waktunya diisi dengan sambutan atau pidato."

Hal tersebut diungkapkan Pj Sekdako Kamlan Mursyid saat membuka Pelatihan Fasilitasi Penyelenggaraan Musrenbang tahun 2024, untuk RKPD tahun 2025, Rabu, (3/01/2024), di aula Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan pemberdayaan masyarakat (DP3APM), Tebingtinggi.

Kamlan Mursyid berharap kepedulian OPD terkait untuk dapat menerima, dan menampung usulan-usulan dari kelurahan, dan mensinergikan dengan program kegiatan OPD, sehingga hasil dari musrenbang kelurahan dapat terakomodir.

"Lalu kepada para fasilitator kami sangat berharap, agar lebih aktif dan bijaksana dalam memfasilitasi pelaksanaan musyawarah dikelurahan, sehingga setiap stakeholder yang ada dapat terlibat aktif, dan penetapan keputusan didasarkan untuk mufakat," katanya.

Kamlan Mursyid juga mengingatkan kepada peserta dan fasilitator, bahwa berdasarkan surat edaran Walikota Tebingtinggi No. 050/8404/BAPP-TT, tentang petunjuk teknis penyelenggaraan musrenbang RKPD tahun 2025 Kota Tebingtinggi, dan RPJPD tahun 2025-2045 Kota Tebingtinggi, dan rapat koordinasi antar OPD terkait, ditekankan bahwa pelaksanaan pada minggu kedua bulan Januari 2024, sedangkan pelaksanaan musrenbang kecamatan akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Februari 2024, tutupnya

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas DP3APM, Sri Wahyuni, Kepala Bappeda, Erwin Suheri Damanik, OPD terkait, Camat, Lurah, LPM, KPM, dan Fasilitator.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Sosok Abetnego Tarigan Deputi II Kepala Staf Presiden, Bacalon Bupati Karo Ingin Benahi Kampung Halaman
Pemerintah Kota Binjai Beri Santunan Kaum Dhuafa dan Yatim Piatu
Wali Kota Binjai Ajak Stakeholder Menekan Kekerasan Terhadap
Cabjari Pancur Batu Kembali Tetapkan Satu Tersangka Dugaan Korupsi di UINSU
Salahi Aturan, Medan Mall Berlakukan Tarif Parkir Progresif
Pj Gubsu Saksikan MoU Penyediaan Air Minum Kabupaten Palas dengan Perumda Tirtanadi
komentar
beritaTerbaru