Rabu, 24 Juli 2024

Target Bupati Petahana EKAB : Petani Dairi Modren, Generasinya 'Joss'

Redaksi - Kamis, 20 Juni 2024 13:14 WIB
Target Bupati Petahana EKAB : Petani Dairi Modren, Generasinya 'Joss'
EKAB & Ketua PSI Kabupaten Dairi Hendra Sinaga. (Ist)
Sidikalang,MPOL:Seraya mengembalikan formulir pendaftaran Bakal Calon Bupati Dairi 2024 - 2029, Eddy Keleng Ate Berutu (EKAB) akhir pekan kemarin (15/6/2024) membeber gagasannya di kantor DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Sopo Sahat Martua, Jalan Pahlawan, Panji Sibura-bura, Sidikalang.

Baca Juga:
Kedatangan Bupati Dairi periode 2019-2024 ini disambut Ketua PSI kabupaten itu, Hendra Sinaga, serta sekretaris, Adimin Pasaribu. Di sela kunjungan, calon bupati petahana ini memapar soal pentingnya memajukan Dairi lewat kolaborasi pengalaman tradisional dan teknologi modern.

Dengan visi 'Dairi Unggul Jilid 2 dan Menuju Kabupaten Sentra Argo Industri', EKAB lalu membagi pengalamannya sebagai bupati di sana.

"Saya telah menguji potensi Kabupaten Dairi selama kurun waktu 5 tahun. Karena itulah, kita mulai menerapkan teknologi berbasis IoT dalam pertanian, seperti alat yang mengukur kondisi agroklimat dan algoritma untuk mengelola kebutuhan air dan pupuk. Ini semua membutuhkan dukungan dari generasi muda. Itu pula yang membuat kita mengajak Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan untuk mengembangkan pertanian modern di Kabupaten Dairi," beber EKAB di hadapan pengurus DPD PSI Kabupaten Dairi.

Selain fokus soal teknologi pertanian, dia juga mendorong program hilirisasi produk kopi. EKAB ingin kopi Dairi makin banyak dikonsumsi masyarakat lokal sekaligus mendukung berkembangnya kafe dan barista di kabupaten itu.

Menurutnya, itu sejalan dengan upaya memajukan pariwisata dan industri kreatif di Dairi. Keikutsertaan peran kaum perempuan pun menjadi perhatian utama di sektor ini.

Dairi diketahui memiliki potensi besar dalam banyak bidang. Seperti soal menenun, bertani, hingga mengurus rumah tangga.

"Ke depan, peran perempuan sangat penting untuk perkembangan ekonomi dan kemajuan Kabupaten Dairi. Apalagi DPD Partai Solidaritas Indonesia fokus kepada konstituen muda dan perempuan, bahkan memberi ruang yang besar untuk dua kelompok warga pemilih itu," tambahnya.

"Lewat hubungan erat PSI terhadap anak muda dan kaum perempuan, kita bisa bersama-sama membangun Dairi sekaligus menyelesaikan masalah secara lebih cepat dan efektif," imbuh EKAB.

"Saya berdoa agar pertemuan sekaligus diskusi ini dapat mendorong kemajuan pembangunan yang berkelanjutan demi terciptanya masyarakat sejahtera di Kabupaten Dairi," tandas EKAB. 'Joss'! (afm)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Josmarlin Tambunan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Tiga Petahana DPD Dapil Sumut Melanggeng Ke Senayan, Satu Pendatang Baru
H. Wagirin Arman Masih Bertahan di DPRD Sumut
Caleg Petahana Bayu Sumantri Agung, Dipastikan Duduk Kembali di DPRD Deli Serdang
komentar
beritaTerbaru