Sabtu, 20 Juli 2024

Tipidter Bareskrim Polri Tetapkan Wakil Direktur CV Pembangunan Nadajaya Tersangka Perkara Galian C ilegal di Samosir

Herbin Sinaga - Kamis, 01 Februari 2024 17:11 WIB
Tipidter Bareskrim Polri Tetapkan Wakil Direktur CV Pembangunan Nadajaya Tersangka Perkara Galian C ilegal di Samosir
Ist
Tipidter Bareskrim Polri pasang police line Lokasi galian C di Silimalombu, Onanrunggu, Kabupaten Samosir.
Jakarta, MPOL -Perkembangan penanganan perkara galian C ilegal di Desa Silimalombu Kecamatan Onanrunggu Kabupaten Samosir, Tipidter Bareskrim Polri telah melakukan gelar perkara pada tanggal 30 Januari 2024. Dalam gelar perkara tersebut, sudah ditetapkan tersangka yaitu Wakil Direktur CV Pembangunan Nadajaya atas nama JS. (1/2/24).

Baca Juga:

Tersangka dijerat dengan Pasal 158 dan Pasal 161 B UU Nomor 3 tahun 2020 tentang perubahan atas UU No 4 Tahun 2009 tentang Minerba. Pihak Penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap 13 orang saksi dan melibatkan dua ahli, yaitu ahli pemetaan dari Kementerian ESDM dan ahli minerba dari Kementerian ESDM.

Subdit V Tipidter Bareskrim Polri yang dipimpin oleh AKBP Alaiddin ketika turun ke lokasi menyita sejumlah barang bukti , termasuk 3 unit excavator, 1 unit dump truck, 1 unit mesin pemecah batu dan Tumpukan batu split.

"kami akan melakukan upaya penegakan hukum lainnya, diantaranya tracing aset dan penggunaan aliran dana dengan menggunakan TPPU." Ujar Alaiddin.

Dalam penyelidikan ini, Hasil koordinasi dengan Pemkab dan Pemprov diketahui sejak masa berlaku izin operasional selesai, CV Pembangunan Nadajaya tidak pernah membayar kewajiban berupa Pajak kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov). Keuntungan dari aktivitas ilegal ini diduga dinikmati sendiri.

Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, akan terus melakukan dukungan (back up) terkait penegakan hukum oleh Tipidter Bareskrim Polri terkhusus di Kabupaten Samosir.

"Upaya ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk memberantas praktik ilegal yang merugikan lingkungan dan merugikan keuangan negara. Para pelaku ilegal akan berhadapan pada konsekuensi hukum yang tegas agar dapat menjadi efek jera dan memberikan efek pencegahan di masa yang akan datang",ujar Yogie.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Polda Sumut Gelar Rekonstruksi kebakaran Rumah Sempurna Pasaribu,  57 Adegan Diperagakan Tersangka
Hak Jawab Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara I
Diduga Dirut PT Jui Shin Indonesia Chang Jui Fang Jadi Tersangka Penggemplangan Pajak, Rp 650 Miliar ?
Cabjari Pancur Batu Menetapkan Tiga Tersangka Kasus Dugaan Korupsi di UINSU
Polres Labuhanbatu Ciduk Tersangka Narkoba di Tangkahan Bosi
Polres Tanjungbalai Tangkap Dua Penjual Narkoba di Rumah Kosong
komentar
beritaTerbaru