Sabtu, 15 Juni 2024

Layani Tukar Uang, BI P.Siantar Berkolaborasi Dengan Perbankan Luncurkan Serambil 2024

Maju Manalu - Senin, 18 Maret 2024 20:25 WIB
Layani Tukar Uang, BI P.Siantar Berkolaborasi Dengan Perbankan Luncurkan Serambil 2024
Ronald Hutagalung
Kepala BI P.Siantar Muqorobin didampingi para pimpinan Perbankan se Kota Siantar melepas mobil kas keliling untuk melayani penukaran uang kepada masyarakat.

P.Siantar, MPOL_Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar berkolobarasi dengan perbankan meresmikan Program Serambi (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri) melayani penukaran uang layak edar menyambut perayaan hari besar umat Islam 1445 H/2024 M.

Baca Juga:

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar Muqorobin menjelaskan, Serambi merupakan respon BI terhadap pemenuhan kebutuhan uang rupiah sebagaimana siklus tahunan Ramadan dan Idul Fitri.

Bank Indonesia memperkuat layanan penukaran kepada masyarakat dengan berkolaborasi bersama perbankan, serta menyediakan lokasi layanan penukaran uang pada titik-titik keramaian," ujar Muqorobin saat Kick Off Serambi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Jl.H Adam Malik Pematangsiantar, Senin (18/03/2024).

Ia mengatakan, kegiatan SERAMBI merupakan tradisi setiap tahun yang telah dilaksanakan Bank Indonesia bersama perbankan di seluruh Indonesia. Tradisi tahunan ini juga merupakan upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap Rupiah dan mendorong konsumsi bijak masyarakat pada momentum ini.

"Tujuannya adalah untuk memastikan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup dan dengan pecahan yang sesuai melalui kegiatan layanan kas kepada masyarakat,"ungkapnya.

Menurutnya, untuk tahun 2024, BI Pematang Siantar menyediakan uang layak edar sebanyak Rp3,76 triliun dengan layanan terpadu dan reguler. Hal ini ada peningkatan dibanding tahun yang lalu.

Diantaranya untuk layanan terpadu, BI Pematang Siantar berkerjasama dengan pihak perbankan umum membuka kas keliling di lapangan H Adam Malik pada tanggal 26 Maret hingga 5 April 2024.

Sedangkan secara khusus, layanan reguler, BI Pematang Siantar membuka kas keliling di Pasar Horas pada tanggal 18 Maret, Pasar Parluasan 19 Maret, komplek Mega Land Jalan Sangnawaluh 20 Maret dan Beringin Kabupaten Simalungun 21 Maret.

Disamping itu kata, Muqorobin, untuk penukaran uang dapat melalui aplikasi PINTAR dengan mendaftarkannya sehari sebelumnya. sebelumnya, sedangkan jam penukaran 09.00 - 12.00 WIB dengan batas yang ditentukan.

Peluncuran Serambi ditandai dengan pelepasan mobil kas keliling seperti dari BI Pematangsiantar, BRI, BNI, Mandiri, BSI, Bank Sumut, dan Taspen yang dihadiri oleh pimpinan perbankan di depan Gedung BI Pematangsiantar.**

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Maju Manalu
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kapolres Samosir Sosialisasikan Terkait Kejahatan Pinjaman Online Ilegal
Kapoldasu Diminta Usut Dugaan Praktek Mafia Tanah Berkedok Perjuangan Plasma di PTPN IV Muara Upu
Bersembunyi Dibelakang Rumah,Dua Pengecer Sabu Ditangkap Polisi
LPS Medan Perkuat Literasi Keuangan melalui Edukasi Publik
Raih WTP Tujuh Kali Berturut-Turut, Bupati Samosir: Raihan ini Diharapkan Dapat Membawa Kebaikan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Bank Indonesia P.Siantar Ganti Uang Baru Yang Terbakar Kepada Warga Bandar & Labuhan Batu
komentar
beritaTerbaru