Selasa, 18 Juni 2024

Polres Tanjung Balai Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Toba 2024

Redaksi - Rabu, 13 Maret 2024 19:44 WIB
Polres Tanjung Balai Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Keselamatan Toba 2024
Sejumlah Personel Polres Tanjungbalai mendapat arahan sebelum terjun kelokasi.
Tanjungbalai, MPOL - ;Kepolisian Polres Tanjungbalai melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan Keselamatan Toba 2024 di hadiri Pemko Tanjungbalai, dalam upaya meningkatkan Simpati masyarakat pada Polri Terciptanya Kamseltibcarlantasdan meminimalisir terjadinya pelanggaran Lalu lintas.

Baca Juga:
Kegiatan berlangsung di Lapangan Apel Mako Polres Tanjungbalai, Kamis (13/3/24) sekira pukul 09.00 Wib, bertindak sebagai Pimpinan Apel Staf Ahli Bidang SDM Kemasyarakatan Pemko Tanjungbalai Bapak Anwar Ruji S.Sos, Perwira Apel Kasat Lantas AKP R. Sitepu SH.MH dan Komandan IPDA C.R Purba,S.H.

Amanat Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara yang disampaikan oleh Pimpinan Apel Anwar Ruji, S.Sos, sebagai berikut, "Ucapan salam kepada seluruh hadirin, Permasalahan Lalu Lintas Merupakan Masalah Yang Sangat Kompleks dengan Dinamikanya yang sangat beragam sehingga sering menjadi Topik Pembahasan di berbagai Kalangan Masyarakat, Media Cetak maupun elektronik bahkan sering menjadi topik utama saat dimuat dalam jejaring sosial.

"Topik yang terkait dengan tingginya pelanggaran dan kemacetan sebagai dampak tingginya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang tidak seimbang dengan pertumbuhan infrastruktur, Kecelakaan yang terjadi pastinya diawali dengan pelanggaran. Berdasarkan data di Tahun 2023 telah terjadi 1.855.587 Pelanggaran dimana 857.181 merupakan Pelanggaran Berat. Dari Data Laka Pada Tahun 2023 terdapat Peningkatan Kasus sebesar 10,27% , Korban Meninggal Dunia Naik 1,32%, Korban Luka Berat Naik 14,54% dan Korban Luka Ringan Naik 10,53%. Dari data tersebut 59% merupakan usia Produktif.

"Di wilayah Polda Sumatera Utara sendiri di Tahun 2023 angka Kecelakaan sebanyak 6.739 kejadian atau mengalami kenaikan sebesar 1,04%, untuk korban meningg dunia sebanyak 1.559 atau turun 0,9%, luka berat sebanyak 2.219 atau naik 1,04% dan luka ringan sebanyak 7.652 atau naik 1,06%. Dari korban laka tersebut ada yang mengalami cacat permanen dan hal ini dapat menurunkan produktivitasnya atau bahkan kehilangan pekerjaannya.

Lanjut Pimpinan Apel, "Melihat data tersebut diatas, Polri saat ini Khususnya Polantas berupaya mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Berlalu Lintas melakukan berbagai kegiatan Preemtif maupun Preventif diantaranya melakukan Kajian-Kajian Lalu Lintas, terutama dalam menurunkan tingkat Fatalitas Korban Kecelakaan, Pembinaan dan Penyuluhan kepada Masyarakat Umum maupun Masyarakat Terorganisir, melakukan Diseminasi Model Integrasi Pendidikan Lalu Lintas kedalam mata pelajaran Pancasila kepada Guru-Guru dalam lingkup Kemendikbud dan Kemenag, Penyadaran Santri tertib Berlalu Lintas.

"Tentunya Kegiatan tersebut bukan hanya menjadi Tugas Polri Semata, namun juga menjadi tanggungjawab kita bersama terutama para Stakeholder dalam mengimplementasikan apa yang menjadi Tujuan dekade aksi Keselamatan
Jalan 2021-2030 melalui Penerapan PP No. 37 Tahun 2011 tentang Forum Lalu Lintas dimana di dalam PP tersebut Forum beranggotakan Unsur Pembina, Penyelenggara, Akademisi, dan Masyarakat. Selain itu kita perlu melaksanakan intruksi dalam PERPRES No. 1 tahun 2022 tentang rencana umum Nasional Keselamatan dalam mewujudkan KamseltibcarLantas.

"Gebyar Keselamatan 2024 merupakan salah satu bentuk Kegiatan Aksi Keselamatan dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas, salah satunya menghimbau bahwa memodifikasi kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi teknis, dengan mengganti knalpot yang tidak sesuai spesifikasi yang lebih dikenal dimasyarakat dengan knalpot brong, bisa menjadi anggapan dapat meningkatkan performa mesin, akan tetapi faktor ini banyak tidak disadari oleh masyarakat karena faktor penyebab kecelakaan antara lain memacu kendaraan dari kecepatan yang tidak aman pada saat berkendara dijalan.

"Para Hadirin Peserta yang saya hormati
Pada kesempatan yang baik ini dengan terlaksananya gebyar keselamatan ini, saya harapkan seluruh peserta dapat menjadi Duta - Duta Keselamatan berlalu lintas sehingga Lalu Lintas yang aman selamat tertib dan Lancar dapat terwujud. "Tandas Anwar Ruji.

Amatan dilapangan hadir dalam kegiatan Mewakili Kapolres Tanjungbalai Kompol M. P. Pardede,S.H, Mewakili Dandim 0208/AS, Danramil 17/PB Kapten Inf.Erizal, Danlanal TBA, Letkol Laut (P) Dwi Nugraha,S.E.,MTr.Opsla, Mewakili Kajari Tanjungbalai, Andi Sitepu, S.H, Kepala Imigrasi Kelas II B , Wawan Anjarwiyono, Kepala lapas Kelas II B, Sangapta Surbakti,S.Pd., M.H, Mewakili Danki 3 Batalyon B, IPTU Edward's, Mewakili Kepala Beacukai Teluk Nibung, Bidang pemeriksa beacukai Frinsen, Mewakili Danpomal, Letda Laut (PM) Muswar, Kepala Imigrasi Kelas II B , Wawan Anjarwiyono, Kalapas Kelas II B, Sangapta Surbakti,S.Pd., M.H, Ketua Pengadilan Negri Tanjungbalai, Erita Harefa,S.H, Mewakili Ketua Pengadilan Agama Tanjungbalai, Sekretaris Supriono, S.H, Mewakili Mewakili Kakan Kemenag,Abdul, Pimpinan UPT Samsat Tanjungbalai Martin, Para Kabag, Kasat, Kapolsek Polres Tanjungbalai, Mewakili Kaban Kesbangpol, Ego Zulhelmi, Mewakili Kadishub Pemko Tanjungbalai, Ade Indra, Brigadir dan ASN Polres Tanjungbalai.(*)

Pewarta;Anafisham)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Baringin MH Pulungan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Sertijab Dua Perwira Polres Labuhan Batu, AKP Johan Kurniawan Jadi Wakasat Lantas Polrestabes Medan
Sat Polairud Polres Tanjung Balai Hentikan Satu Unit Boat saat Patroli
Polres Tanjung Balai Menerima Kunker Tim Divhubinter Mabes Polri
Polres Tanjung Balai Lakukan Pengamanan Sholat Tarawih
Polres Tanjung Balai Tausyiah Kamtibmas dan Menyerahkan Kitab Qaulan Karima
Hafidz Alqur'an Anggota Polres Tanjung Balai Ajarkan Membaca Algur'an Kepada Santri
komentar
beritaTerbaru