Minggu, 26 Mei 2024

Workshop Indonesia Bersih Narkoba, Kapolda: Angka Kejahatan di Sumut Turun!

Josmarlin Tambunan - Selasa, 23 April 2024 19:49 WIB
Workshop Indonesia Bersih Narkoba, Kapolda: Angka Kejahatan di Sumut Turun!
Kapolda Sumut Irjen Agung SIE saat menjadi pembicara para acara workshop Indonesia Bersih Narkoba, Selasa (23/4).(ist)
Medan, MPOL:Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, menjadi pembicara dalam Workshop Indonesia Bersih Narkoba bertempat di Hotel Grand City Hall, Medan, Selasa (23/4).

Baca Juga:
Kegiatan itu dihadiri Kepala BNN RI, Pj Gubernur Sumut, Pangdam I Bukit Barisan serta seluruh kepala daerah se Sumatera Utara.

Dalam pemaparannya, Kapoldasu mengatakan narkoba menjadi faktor terjadinya aksi kejahatan di wilayah Sumatera Utara. Dimana tercatat 65 persen pelaku jambret terbukti mengonsumsi narkoba.

"Juga narkoba menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan 6 orang meninggal dunia di Kabupaten Simalungun," katanya.

Agung mengungkapkan, tingginya kasus kejahatan karena dampak dari peredaran narkoba karenanya Polda Sumut bersama jajaran meningkatkan upaya pemberantasan narkotika di Sumatera Utara.

"Korelasi jumlah pemberantasan pada 2023, Polda Sumut berhasil mengungkap 5.225 kasus narkoba dengan jumlah tersangka 6.570 orang. Dengan rincian jaringan 5.320 orang dan pengguna 1.250 orang," ungkapnya.

Lebih lanjut, Agung menerangkan untuk barang bukti narkoba sepanjang 2023 diantaranya sabu 1,12 ton, ganja 2,2 ton, pohon ganja 395.064 batang, pil ektasi 181.673 butir, ladang ganja 150 hektar serta obat-obatan lainnya.

"Polda Sumut bersama Kodam I Bukit Barisan dan BNN Sumut juga melakukan penggerebekan Key Garden dalam rangka pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba di wilayah Polrestabes Medan," terangnya.

Jenderal bintang dua itu menyampaikan gencarnya penindakan narkoba tercatat selama 6 bulan terakhir jumlah kejahatan cenderung mengalami penurunan 22,37 persen. Dalam hal ini Polda Sumut dapat mencegah 14.686.081 jiwa dari pengaruh narkoba.

"Pengungkapan narkoba di Sumatera Utara merupakan kegiatan rutin bukan operasi kepolisian. Diharap kesedaran masyarakat untuk menghindari narkoba karena menjadi musuh bersama," pungkasnya.***

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Josmarlin Tambunan
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Berani Tolak Setoran Judi, Kapolda Sumut Berangkatkan Kapolsek Barus Umroh
Polres Tapsel Tempati Markas Baru, Kapolda Sumut : Rasa Adil Harus Bisa Dirasakan Masyarakat
Semangati Anggota Polres Tapsel, Kapolda Sumut: Anggota Pemberani Dengan Keberhasilan Tugas Luar Biasa Akan Saya Catat Sebagai Prioritas!
Kunker ke Polres Taput, Kapolda Sumut Harap Polisi Jadi Pelopor Kebaikan
Tinjau SPKT Polres Taput, Kapolda Sumut: Berikan Solusi Dari Setiap Permasalahan Masyarakat Yang Datang
Silaturahim Bersama Tokoh Masyarakat Tapanuli Utara, Kapolda Sumut: Polisi Menjadi Bagian Dalam Menguatkan Sendi Kehidupan
komentar
beritaTerbaru